3 Alasan Cloud Jadi Tempat Wajib Penyimpanan Data Absensi

Pernahkah Anda mengalami kesulitan menyimpan data absensi kantor? Apakah Anda kerepotan dalam mengolah data absensi hingga tersusun menjadi sebuah laporan? Bahkan terkadang bisa jadi Anda mengeluh saat ada data absensi yang hilang. Entah karena komputer yang tiba-tiba rusak atau tidak sengaja ter-reset semua hingga semua data pun hilang. Kondisi tersebut menjadi lebih runyam saat Anda akan menghitung penggajian karyawan.


Selain melakukan backup rutin ke komputer, di era Internet of Things (IoT) ini ada cara yang lebih efektif untuk mengamankan data absensi Anda. Sekarang Anda dapat memanfaatkan cloud storage, sebuah layanan penyimpanan file di internet sehingga Anda dapat melakukan download, upload, dan mengubah data. Data yang disimpan di cloud storage dapat dikelola dari mana saja dan kapan saja selama Anda terhubung internet. Berikut ini keuntungan menyimpan data absensi di cloud storage.


1.       Privasi lebih terjaga

Kerahasiaan jelas lebih terjamin dengan menyimpan data absensi di aplikasi cloud storage. Pasalnya, Anda dapat mengakses dan mengelola secara penuh dengan menggunakan akun dan password aplikasi cloud storage. Coba bandingkan jika Anda menyimpan data di flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Pengguna lain akan mengetahui data apapun yang tersimpan saat flashdisk tersebut dipinjam.


2.       Kapasitas penyimpanan besar

Kapasitas media penyimpanan lain seperti flashdisk atau hard disk sangat terbatas. Belum lagi jika benda tersebut hilang atau terkena virus, maka data yang tersimpan di dalamnya pun akan hilang juga. Penyimpanan data berbasis cloud storage lebih aman dan bebas resiko, tanpa harus takut hilang atau terkena virus. Kapasitas penyimpanan cloud storage pun sangat memadai untuk menyimpan data absensi kantor Anda.


3.       Lebih fleksibel

Dengan hanya bermodalkan koneksi internet, Anda bisa mengelola data absensi yang tersimpan di cloud storage kapan saja dan di mana saja. Anda juga dapat mengolah data tersebut melalui smartphone maupun laptop atau komputer. Anda tidak perlu membawa hard disk yang berat atau kartu memori yang rentang hilang. Anda juga dapat mengatur data mana yang dapat diakses oleh orang lain dan data mana yang khusus untuk Anda sendiri.

Kini sudah banyak penyedia layanan cloud storage untuk menyimpan data absensi Anda. Kana Secure sebagai penyedia mesin absensi dan layanan cloud terkemuka no.1 di Indonesia menyediakan berbagai layanan cloud, yakni KitaCloud.com dan KitaSchool. Layanan cloud ini tidak hanya melengkapi manajemen absensi kantor saja, Anda juga dapat menggunakan layanan cloud untuk memenuhi sistem absensi di sekolah. Jika Anda belum memiliki mesin absensi, software absensi, CCTV, dan DVR untuk melengkapi kebutuhan sarana prasarana kantor, cek dan pilih produk kami di showroom Kana terdekat di kota Anda. Selanjutnya, bagaimana mesin absensi dapat terkoneksi atau terhubung dengan layanan cloud hingga tersusun sebuah laporan absensi? Mari simak artikelnya di Cloud Storage : Teknologi Penyimpanan Digital Masa Kini.

Share this info