3 Cara Kenali Passion Dalam Diri Anda

Passion atau minat yang sangat besar bisa menjadi panutan atau arah hidup menuju keberhasilan. Passion tidak sama dengan hobi, karena passion bukanlah sesuatu yang hanya digunakan untuk mengisi waktu, namun juga menjadi penentu tujuan hidup dan kebahagiaan Anda. Namun, pada kenyataannya masih banyak orang yang belum mengetahui passion dan keahlian mereka yang sesungguhnya.


Semakin cepat Anda menemukan passion dan keahlian Anda, semakin luas pula kesempatan yang terbentang di hadapanmu untuk bisa menggeluti dan mengembangkannya. Dilansir dari situs lifehack.org, berikut cara untuk mengetahui passion dan keahlian yang ada dalam diri Anda.


Amati apa yang biasa Anda lakukan

Passion bisa berupa hal yang sangat menarik hati dan mengobarkan semangat dalam jiwa yang mampu membuat hidupmu terasa utuh. Anda dapat mengingat-ingat kembali hal apa saja yang sangat Anda sukai pada masa lampau. Misalnya saja, memasak, menulis, membaca, menggambar, atau menjual barang. Anda dapat mengamati kegiatan apa yang biasa Anda lakukan untuk melengkapi hidupmu selama ini. Berbagai kegiatan yang gemar Anda lakukan tersebut bisa menjadi suatu passion yang akan membantu kehidupan menjadi lebih baik.


Tulis impian yang pernah diinginkan

Impian merupakan bahan bakar pertama untuk mengetahui di mana passion Anda berlabuh. Dari berbagai impian ini, Anda harus mengetahui dengan jelas apa latar belakangnya. Coba gali mengapa Anda sangat mengimpikan hal tersebut dan apa yang membuat Anda penasaran untuk menggapainya. Tentunya, cara ini akan lebih cepat membuat Anda sadar apa yang sebenarnya Anda minati dan apa kemampuan dalam diri Anda selama ini.


Hal apa yang membuat Anda bertahan sejak masa lalu

Coba tilik kembali masa lalu Anda. Masa lalu bisa menjadi bukti dan gambaran passion yang ada dalam diri Anda saat ini. Lewat pertanyaan ini, Anda dapat menggali apa yang unik dari diri Anda. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kebiasaan apa yang Anda yakini meskipun ditentang oleh banyak orang. Meski banyak yang menentang, percayalah bahwa mengikuti passion bukanlah hal yang buruk dan layak untuk dikejar.


Ketika Anda sudah menemukan jawaban dari ketiga hal ini, tentunya Anda sudah bisa memastikan apa yang harus dilakukan untuk menggapai minat di masa depan. Berhasil menemukan passion berarti Anda sudah maju selangkah lebih dekat dengan diri Anda sendiri. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah bertahan di jalur tersebut dan tetap konsisten. Rasa bosan itu pasti ada, tapi percayalah bahwa hal inilah yang akan membuatmu merasa cukup. Selamat mencoba!


Sumber gambar : http://www.istockphoto.com/photos/passion

Share this info