3 Dampak Terlalu Lama Menggunakan Smartphone

Di era revolusi digital ini, smartphone memang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap waktu kita membutuhkan smartphone untuk melakukan pekerjaan atau sekedar hiburan. Namun, perlu Anda ketahui dan sadari bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan juga tidak baik. Terkadang kita malah asyik dengan smartphone pada saat berkumpul dengan keluarga. Tidak jarang juga seseorang membawa smartphonenya saat ke kamar mandi. Hal ini terjadi berulang-ulang dan menyebabkan kecanduan dan tidak bisa lepas dari smartphone.


Fenomena kecanduan smartphone ini dijelaskan oleh Adrian Ward, seorang psikolog yang meneliti keputusan konsumen. Dalam jurnal Association for Consumer Research, Ward menuliskan mengenai bagaimana sebuah smartphone memiliki efek unik. Efek ini sama seperti nama seseorang. Nama menjadi identitas yang melekat dalam kehidupan seseorang. Saat sedang fokus melakukan pekerjaan dan tiba-tiba ada yang memanggil nama kita, maka fokus kita pasti teralihkan dan merespon panggilan tersebut.


Hal ini juga berlaku pada penggunaan smartphone. Kita mungkin bisa mengatur waktu saat masih awal mula menggunakan smartphone. Namun, lambat laun smartphone melekat dalam kehidupan kita. Jelas tidak heran lagi jika perhatian kita selalu tertuju pada smartphone. Hal ini berdampak negatif pada cara berpikir dan kapasitas ingatan seseorang. Dampak negatif penggunaan smartphone tidak hanya mempengaruhi kesehatan, melainkan juga psikologis. Berikut ini dampak negatif terlalu lama menggunakan smartphone.


1. Insomnia dan mata cepat lelah

Mata Anda tidak akan bisa terlepas dari layar saat tengah asyik menggunakan smartphone untuk bermain game dan chatting. Mata yang terpajan layar dalam waktu lama akan menjadi cepat lelah dan tegang. Akibatnya, jarak pandang mata Anda akan berkurang. Selain itu, cahaya layar smartphone mengeluarkan radiasi sinar biru yang berbahaya bagi mata dan mampu membuat Anda menjadi sering merasa gelisah. Dampak selanjutnya ialah rasa sulit untuk tidur dan insomnia. Oleh karena itu, sebaiknya atur tingkat kecerahan layar dan jangan gunakan smartphone terlalu lama.


2. Gangguan tulang belakang

Posisi badan yang menunduk saat menggunakan smartphone menyebabkan tulang leher dan punggung terasa kaku. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jangan terlalu lama menggunakan smartphone. Namun, hal ini bukan berarti Anda boleh menggunakan smartphone dalam waktu lama tanpa menunduk ya!


3. Kesepian

Orang yang terlalu sering mengakses media sosial membuat mereka lebih mudah merasa kesepian. Hal ini disebabkan oleh penggunaan smartphone berlebihan akan membuat Anda mengacuhkan lingkungan sekitar. Dampaknya Anda bisa saja dijauhi teman-teman, hingga akhirnya sering mengalihkan perhatian ke media sosial.


Untuk mengatasi dampak penggunaan smartphone yang berlebihan ini, Ward menyarankan untuk membiasakan diri meletakkan smartphone jauh dari posisi kita berada. Selain itu, Anda bisa mengaktifkan mode silent, mengumpulkan smartphone saat sedang kumpul bersama, dan memprioritaskan notifikasi untuk mengurangi intensitas penggunaan smartphone. Demikian ulasan mengenai dampat terlalu lama menggunakan ponsel pintar. Simak terus dan kunjungi kami di sini untuk mendapatkan berita dan tips terbaru seputar teknologi. Selamat mencoba!

Share this info