3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pasang CCTV Outdoor


Meningkatkan sistem keamanan di lingkungan rumah atau kantor, merupakan hal yang penting. Salah satunya, dengan memasang CCTV. Pemasangan CCTV  banyak digunakan, karena dapat menjadi alat monitoring keadaan, pencegahaan tindakan kejahatan, hingga sebagai bahan bukti tindakan kejahatan itu sendiri.

Namun, harus ada pertimbangan dan langkah yang berbeda ketika memasang CCTV. Mengapa demikian?  Karena memasang CCTV di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor), memiliki perlakuan yang berbeda.

Terlebih untuk pemasangan CCTV outdoor, banyak hal yang perlu dipertimbangkan.
Ada 3 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memasang CCTV di luar ruangan :

1.       Teliti jenis kamera
Mungkin ini kerap Anda abaikan, padahal kamera merupakan bagian yang penting. Perlu diketahui, bahwa kamera memiliki berbagai jenis. Maka dari itu, kenali dahulu jenis kamera apa yang cocok untuk digunakan di luar ruangan (outdoor).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti adanya pemanas dan blower, hingga kamera yang tetap jelas meski dengan cahaya minim (dilengkapi infra merah). Sehingga, aktivitas yang lebih bebas di luar ruangan akan mudah tertangkap kamera.

2.       Pilih CCTV outdoor
Risiko rusaknya CCTV yang dipasang di luar ruangan memang lebih besar, karena akan melalui pergantian cuaca panas, dingin, bahkan mungkin berbagai bencana alam yang membahayakan, seperti: angin kencang, banjir tinggi, dan sebagainya.
Karena itu, pilih CCTV Wheaterproof atau CCTV Outdoor yang memang didesain untuk outdoor.
Hal ini dapat membuat CCTV Anda awet, dan menjadi investasi alat untuk masa depan.
Karena CCTV yang awet dan bisa digunakan dalam waktu jangka panjang, dapat mengurangi pengeluaran untuk memperbarui CCTV.  Pastikan Anda sudah memilih CCTV berkualitas.

3.       Penentuan titik lokasi
Menentukan titik lokasi untuk pemasangan CCTV outdoor adalah hal yang penting. Karena berada di luar ruangan, maka harus bisa diletakkan pada tempat yang strategis, yakni: aman, susah dijangkau, dan mudah merekam kondisi dengan jarak pandang yang bebas (di sudut ruang terbuka).

Pastikan Anda memilih lokasi tepat untuk CCTV, agar dapat menjangkau area yang ingin dipantau. Karena risiko kejadian pencurian atau lainnya, lebih banyak terjadi di luar ruangan yang memang memiliki area lebih luas.

Inilah alasan, mengapa 3 hal ini perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memasang CCTV outdoor.  Hal ini perlu diperhatikan agar CCTTV outdoor bisa bekerja dan menghasilkan manfaat yang maksimal.

Share this info