4 Cara Antisipasi Kerugian Besar Akibat Banjir


Salah satu penyebab kerugian yang cukup besar adalah bencana banjir, apalagi di musim hujan seperti saat ini. Selain kerugian materi atas harta benda karena mengalami kerusakan, banjir juga menyebabkan penurunan daya fungsi, hingga mengeluarkan banyak tenaga untuk melakukan normalisasi banjir dalam rumah, atau kantor Anda. Banyak kerugian yang akan Anda rasakan akibat banjir.

Bencana banjir ini tak hanya terjadi karena bencana alam saja, ada faktor lain yang bisa menyebabkan terjadinya banjir. Yakni, risiko luapan air yang tak terdeteksi dan tidak tertangani dengan cepat. Luapan air ini bisa terjadi akibat kesalahan manusia (human error).

Untuk menghindari kerugian besar akibat banjir, gunakan 5 cara ini untuk mengantisipasi:

  1. Kontrol Aliran Listrik
    Aliran listrik yang menyala ketika banjir atau air menggenang, akan mencelakai manusia di sekitar karena sengatan listrik. Hal ini pastinya membahayakan nyawa. 


    Karena itu, letakkan sumber daya listrik di tempat yang tinggi dan tak mudah dijangkau genangan air. Untuk antisipasi arus pendek listrik dan hal-hal yang membahayakan akibat listrik, kini sudah ada teknologi untuk manajemen alat elektronik yaitu smart socket.
  2. Dengan ini, Anda bisa mengatur peralatan elektronik lebih mudah melalui ponsel.
    Teknologi ini sangat membantu, bila Anda seorang pelupa dalam urusan mencabut daya listrik. Kalau pun sumber daya listrik berada di bawah, Anda bisa mematikannya sewaktu-waktu bila terjadi banjir atau tiba-tiba ada genangan air yang mengepung rumah. Semua ini bisa dilakukan dari ponsel Anda.


  1. Amankan Surat Berharga
    Dari deretan materi yang mungkin membuat Anda merugi adalah surat-surat berharga yang rusak, seperti: surat kependudukan, ijazah, surat bukti kepemilikan rumah, tanah dan surat bukti kepemilikan lain yang nilainya mungkin saja amat besar. Mengingat surat adalah kertas yang mudah rusak akibat air, maka hal ini harus diantisipasi lebih awal. 


    Karena itu, Anda harus meletakkan surat berharga di tempat yang tinggi untuk melakukan antisipasi. Bila perlu, lakukan laminasi pada surat agar tidak lansung rusak bila terendam air. Dengan demikian, Anda akan memiliki waktu untuk menyelamatkannya.

 

  1. Pasang Sensor Pendeteksi Luapan Air
    Cara paling tepat untuk melakukan tindakan penyelamatan cepat adalah, dengan memasang sensor yang mendeteksi luapan air atau Wireless Water Leakage Detector. Sensor ini merupakan aksesori dari Smart Alarm yang kini mudah ditemui di pasaran. 


    Sensor ini, bisa diletakkan pada batas ketinggian yang Anda tentukan sendiri. Ketika air meluap dan melebihi ketinggian yang Anda anggap berbahaya (sesuai pengaturan), maka sensor akan menangkap sinyal bahaya dan kemudian smart alarm mengirim informasi via ponsel. Biasanya, sensor ini diaturdi lantai dasar, kamar mandi atau pada dapur yang lebih berisiko terjadi banjir.

    Tak heran bila smart alarm dengan sensor pendeteksi luapan air ini, menjadi salah satu solusi untuk meminimalisir kerugian akibat banjir.

 

  1. Ikuti Asuransi
    Bila Anda memiliki harta yang perlu dilindungi, maka mengikuti asuransi adalah pilihan yang tepat. Bencana seperti banjir, mungkin akan datang mendadak dan seketika menghabiskan harta benda kita. Namun, berapapun skala kerugian yang diakibatkan banjir, akan sedikit tertangani bila Anda mengikuti asuransi untuk rumah Anda. 


    Dengan asuransi maka Anda akan mendapatkan perlindungan dan penggantian untuk beberapa hal yang sudah disepakati dalam perjanjian asuransi.

 

Itulah 4 cara untuk mengantisipasi terjadinya kerugian besar akibat banjir. Lakukan 4 cara di atas, atau beberapa cara yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah atau kantor Anda. Karena bencana selalu datang tiba-tiba, dan Anda harus memiliki cara yang cerdik untuk mengantisipasinya.

Share this info