4 Cara Memilih CCTV Agar Maksimal di Era New Normal




Di saat situasi Pandemi Covid-19 seperti ini, banyak orang merasa terhimpit dengan keadaan. Tekanan Sosial dan ekonomi pastinya memberikan dampak stres yang luar biasa. Sehingga, tindak kriminalitas menjadi tak terbendung.

Ironinya, Sebagian besar dari masyarakat yang tertekan ini merasa bahwa tindakan kriminalitas ini merupakan solusi terbaik untuk tetap bertahan hidup. Karena itu, di situasi pandemi bahkan era new normal saat ini, banyak pemukiman, rumah, hingga pabrik menjadi incaran para pelaku tindak kriminalitas.

Selain memberdayakan sumber daya manusia (SDM) sebagai tenaga keamanan, ada solusi lain yang membantu meningkatkan keamanan pemukiman Anda. Yakni, memaksimalkan keamanan dengan memanfaatkan teknologi.

Para pelaku tindak kriminalitas, seperti pencuri akan berpikir berkali-kali lipat ketika hendak melakukan tindak kriminalitas. Kiat pertama mencegah terjadinya pencurian adalah, tidak memberikan kesempatan bagi pencuri untuk menjalankan aksinya. Karena itu, Anda membutuhkan pengawasan ekstra seperti menggunakan CCTV.

 Menggunakan CCTV di era new normal ini  tentunya harus penuh pertimbangan agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Pastikan 4 hal berikut, bila Anda ingin memilih CCTV yang tepat untuk memaksimalkan fungsinya di era new normal ini:


1. Pilih jenis kamera CCTV vandal proof
Bila Anda memilih meningkatkan pengamanan dengan pengawasan ekstra melalui CCTV, maka jangan lupa untuk memiliki CCTV yang vandal proof. CCTV vandal proof ini merupakan jenis CCTV yang tahan terhadap perusakan apa pun.


Mengapa harus CCTV vandal proof? 
Sebab CCTV untuk keamanan, pastinya diletakkan di luar ruangan dan rawan dihancurkan oleh siapa pun. Bahkan pencuri yang berniat melakukan aksi kriminalitas, tak menutup kemungkinan akan melakukan aksi vandal atau kekerasan pada CCTV dengan tujuan menghancurkan CCTV.
Karena itu, CCTV jenis ini akan sangat membantu mencegah tindak kriminalitas karena awet dan tahan meskipun dirusak. Banyak distributor CCTV yang menyediakan jenis vandal proof, diantaranya berbagai produk dari Kanasecure


2. Dapat digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan 
Jangan salah! Tak semua CCTV bisa diletakkan di sembarang tempat. Memilih CCTV yang bisa diletakkan di luar ruangan sekalipun di dalam ruangan, akan memudahkan Anda meningkatkan keamanan di berbagai titik lokasi. Bila CCTV yang Anda pilih sudah bisa digunakan di luar ruangan, maka Anda bisa menggunakannya di dalam ruangan. CCTV yang tahan dan cocok di luar ruangan adalah CCTV yang bisa bertahan dan tetap berfungsi meski harus menghadapi aksi vandal/kekerasan, dan tentunya tahan akan kondisi cuaca (panas, dingin, hujan, angin, dll).

3. Pastikan CCTV memiliki fitur WDR
Bila CCTV yang Anda gunakan sudah tepat secara fisik, maka jangan lupa untuk memastikan fitur di dalamnya. Terpenting adalah, fitur yang mendukung visual atau gambar yang tertangkap. Jangan sampai, CCTV yang Anda gunakan tidak bisa menangkap gambar dengan baik, padahal tujuan utama Anda adalah meningkatkan keamanan dari para pencuri di era new normal ini. 

Karena itu, pastikan CCTV Anda memiliki fitur WDR (Wide Dynamic Range). Fitur WDR ini merupakan fitur yang menciptakan visual lebih baik dalam menangkap detail cahaya gelap-terang atau rasio kontras CCTV. Tentunya fitur ini sangat penting mengingat banyak tindak kejadian yang sulit terlihat kamera CCTV akibat minimnya pencahayaan.

Sekali lagi, fitur ini akan membantu sebuah penyelidikan atau barang bukti pendukung di kepolisian, bila kejadian yang tidak diinginkan harus terjadi.

4. Gunakan media penyimpanan (DVR) CCTV terbaik!
Bila semua perangkat CCTV memiliki kualitas dan fitur terbaik, maka tingkat keamanan akan menjadi optimal. Salah satu yang kerap dilupakan pengguna CCTV adalah, mereka lupa untuk memilih media penyimpanan terbaik. Media penyimpanan ini disebut dengan DVR. DVR merupakan media untuk merekam seluruh gambar yang dikirim oleh kamera CCTV. DVR terbaik adalah DVR mampu menyimpan hasil rekaman dengan baik, selanjutnya video yang tersimpan dapat diputar ulang. Berbagai produk DVR dari Kanasecure merupakan pilihan yang tepat untuk media penyimpanan CCTV Anda.

 
Dengan 4 tips cara memilih CCTV yang tepat untuk keamanan di era new normal ini, maka Anda tak perlu ragu dan khawatir untuk memanfaatkan teknologi tersebut dalam optimalisasi keamanan. 

Share this info