4 Cara Mudah Membuat Laporan Penjualan Bagi Pelaku Bisnis Baru

Laporan penjualan adalah hal penting dalam urusan bisnis, baik pemula maupun yang sudah profesional. Tujuannya, tentu untuk mengevaluasi hasil penjualan dan sebagai dasar dalam menyusun strategi penjualan selanjutnya, agar bisnis tetap berjalan dengan baik dan terus bertahan.  

Tak jarang pelaku bisnis baru justru bingung membuat laporan penjualannya. Padahal, laporan penjualan ini dibutuhkan setiap hari. Jadi, semakin mudah dan cepat laporan penjualan diakses, maka semakin cepat pula Anda menentukan strategi dan memantau pergerakan usaha.

Bagi Anda pelaku bisnis baru, ada 4 cara mudah untuk membuat laporan penjualan dengan cepat:

  1. Mencatat data penjualan secara manual
    Meski terbilang manual, cara ini baik untuk mengenal ritme bisnis Anda secara sederhana dan cepat. Khususnya bagi bisnis baru yang masih berskala kecil.
    Catatan sederhana bisa dimulai dengan mendata setiap penjualan yang terjadi.
    Misal, menyiapkan daftar barang yang dijual, dan mencatatnya secara manual setiap kali ada transaksi pembelian. Selanjutnya, laporan penjualan ini bisa dievaluasi selama 1 minggu atau sesuai periode yang disesuaikan dengan kebutuhan.

    Contoh laporan penjualan (harian) manual

  2. Rekapitulasi transaksi penjualan di komputer
    Selain mencatatnya secara manual, Anda bisa menggunakan laporan penjualan dengan sedikit modern di komputer. Anda bisa mencatat atau menuangkan hasil rekapitulasi transaksi penjualan ke komputer. Bagi pelaku bisnis baru, cara ini merupakan cara yang paling umum dilakukan., setiap transaksi dicatat pada file yang kemudian dicetak sebagai laporan harian. Untuk akses dan tampilan memang lebih baik, namun Anda harus menyediakan komputer di tempat usaha Anda. Selain itu, Anda harus bisa melakukan rekapitulasi yang tepat agar laporan bisa menjadi akurat.


    Contoh laporan penjualan (harian) berbentuk soft file

  3. Laporan penjualan otomatis dari mesin kasir
    Bagi pemilik bisnis baru, alat untuk transaksi juga penting untuk mempercepat laju usaha bisnis Anda. Salah satunya mesin kasir.
    Menyediakan mesin kasir di tempat bisnis baru merupakan ide yang bagus, selain laporan penjualan bisa tercetak secara langsung setiap hari, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat dan kemudahaan dalam mengelola transaksi penjualan.

    Bahkan laporan penjualan dari mesin kasir, bisa langsung Anda akses dan lihat di ponsel. Menggunakan mesin kasir tentunya lebih praktis, dan tidak membutuhkan software kasir dalam mengoperasikannya (sudah memenuhi berbagai kebutuhan transaksi penjualan).
    Laporan penjualan yang dihasilkan dari mesin kasir juga terbilang akurat, dibandingkan Anda harus menghitungnya secara manual.
    Sebab, laporan yang dicetak berasal dari setiap transaksi yang sudah tercatat otomatis.

    Contoh menu laporan penjualan dari mesin kasir yang bisa diakses di ponsel

  4. Laporan penjualan dari software kasir
    Cara ini mungkin membuat Anda sedikit menambah biaya untuk menyediakan perangkat yang dibutuhkan. Meski terbilang mudah, bagi pebisnis baru cara ini memang butuh pertimbangan.
    Dengan memanfaatkan software  kasir, maka pelaku bisnis baru bisa mengelola berbagai kebutuhan transaksi penjualan. Perangkat yang perlu disediakan adalah, komputer dan biaya layanan software. Menggunakan software kasir, tentunya mempermudah proses pembuatan laporan yang akurat.

    Dari 4 cara membuat laporan penjualan di atas, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi bisnis saat ini. Karena bisa jadi, dalam beberapa periode ke depan Anda sudah memiliki ritme bisnis yang berbeda dan tentunya cara pembuatan laporan penjualan pun mejadi berbeda.



Share this info