4 Kiat Cara Memasang CCTV Agar Berfungsi Optimal


Closed Circuit Television (CCTV) adalah perangkat keamanan berbasis video yang sudah banyak digunakan masyarakat untuk keperluan keamanan. Tak hanya perkantoran, pabrik dan pusat bisnis saja yang menggunakan CCTV ini, hunian atau rumah pun juga banyak yang sudah menggunakan CCTV. Hal ini dikarenakan, fungsi CCTV yang mendukung sistem keamanan dan bersifat mengawasi sudah terbukti manfaatnya. Karena itu, penting memasang CCTV di berbagai tempat yang dianggap rawan terjadinya tindak kriminalitas seperti pencurian.

Namun, CCTV bisa menjadi alat atau perangkat pengawasan yang mubazir atau tidak berfungsi dengan baik bila diletakkan di tempat yang kurang sesuai. Bila Anda hanya berpikir, CCTV cukup diletakkan di luar atau di sudut sebuah bangunan maka hal ini salah. Anda harus benar-benar memperhatikan banyak hal saat memasang CCTV agar berfungsi secara optimal. Karena itu, Anda harus memastikan 4 hal ini untuk mengoptimalkan fungsi CCTV:

1. Memastikan lokasi pemasangan CCTV
Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah lokasi pemasangan CCTV. Karena pemasangan CCTV yang diletakkan secara indoor akan berbeda dengan pemasangan CCTV yang dipasang secara outdoor

a. Pemasangan CCTV Indoor
Kondisi indoor mengakibatkan pencahayaan yang minim. Karena itu, CCTV dengan kamera dome sangat sesuai untuk pemasangan di dalam ruangan. CCTV dengan jenis kamera ini  memiliki teknologi inframerah yang dapat memantau meski dalam kondisi gelap. Fungsi CCTV akan menjadi tidak optimal, bila Anda memilih jenis CCTV outdoor, padahal rencana pemasangan CCTV Anda di lakukan di indoor. Salah satu jenis kamera CCTV indoor yang bisa Anda gunakan adalah tipe Kana D-5M20FS.

b. Pemasangan CCTV Outdoor
Bila rencana pemasangan CCTV Anda adalah di wilayah outdoor, maka Anda harus memilih CCTV yang tahan akan pergantian cuaca. Karena lokasi pemasangan outdoor membuat perangkat CCTV menjadi lebih mudah rusak dan berisiko tinggi terjadi kerusakan karena faktor alam. Misal, adanya gangguan perekaman karena air, perangkat yang rusak karena suhu udara ekstrem, dan lain-lain. Karena itu, CCTV yang tahan dengan panas, air atau tahan di berbagai cuaca sangat sesuai dengan ruangan outdoor. Salah satu jenis kamera yang mendukung adalah Kana B-604CG. Menariknya, jenis kamera ini didesain berbentuk bullet dan tahan terhadap debu maupun air hujan.

2. Titik Pemasangan CCTV
Pengawasan dengan CCTV tentu akan lebih optimal bila dipasang di berbagai titik lokasi dalam satu wilayah atau area. Titik pemasangan CCTV ini sendiri sangat mempengaruhi daya jangkau CCTV.  Terkadang, cahaya di sekitar titik pemasangan CCTV juga akan berpengaruh dan bisa saja mengganggu perekaman atau pengawasan. Untuk membuat pemasangan CCTV aman di berbagai titik lokasi, maka Anda memerlukan CCTV yang dapat melakukan pengaturan cahaya. Salah satu jenis CCTV yang dapat melakukan fungsi ini adalah Kana B-8040A.  CCTV milik Kanasecure ini dapat menyaring (filter) sumber cahaya lain, sehingga tetap bisa menghasilkan gambar dengan warna natural. Selain itu, CCTV ini tetap dapat memantau dalam kondisi gelap.

3. Target Jangkauan
Bila Anda berencana meletakkan atau memasang CCTV di sudut-sudut ruangan, mungkin kamera dengan jangkauan terbatas masih dapat berfungsi secara optimal. Target pengawasan yang Anda inginkan mungkin akan terjangkau. Namun, apabila target jangkauan pengawasan Anda lebih luas maka Anda harus berhati-hati dalam memilih CCTV.  Bila jangkauan target pengawasan Anda cenderung lebih luas, baiknya Anda memasang CCTV dengan ketinggian titik pemasangan di sudut 100 derajat hingga 115 derajat.

4.  Lokasi sumber listrik
Anda harus memastikan, bahwa lokasi pemasangan CCTV tidak jauh dan mudah dijangkau oleh sumber listrik. Kabel yang menjuntai atau panjang, dapat berisiko menyebabkan arus pendek listrik. Sehingga memungkinkan terjadi kebakaran dan bisa saja merusak perangkat CCTV. Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan kestabilan listrik agar arus yang dialirkan ke perangkat CCTV dapat maksimal karena penggunaan hingga 24 jam dalam sehari.

4 Hal di atas, menunjukkan bahwa memasang CCTV membutuhkan banyak pertimbangan. Termasuk kiat-kiat yang tepat guna optimalisasi fungsi CCTV Anda. Bila perangkat CCTV juga canggih, jangan sampai area pemasangan yang Anda pilih justru membatasi fungsinya.

 

Share this info