4 Kiat Cerdas Cegah Kebakaran di Musim Kemarau


Mengalami musim kemarau yang cukup panjang, mengakibatkan bermunculan berbagai masalah. Tidak hanya masalah seperti kekeringan yang berdampak pada pasokan air, namun juga musibah seperti kebakaran.

Cuaca yang panas menyebabkan lingkungan sekitar, seperti: ranting pohon dan rerumputan mulai mengering, temperatur tinggi dapat memicu kebakaran pada tanah yang tandus. Semua hal ini dapat berpotensi menyebabkan kebakaran rumah.

Terlebih bagi Anda yang merupakan seorang pekerja dan kerap meninggalkan rumah tanpa pengawasan. Belum lagi, adanya anggota keluarga yang ditinggalkan dalam rumah sendirian karena Anda memiliki kesibukan lain di luar sana. Contohnya, anak dan istri yang tidak bisa Anda awasi dalam waktu 24 jam.

Tentunya, dengan adanya aktivitas tersebut dapat membuat Anda merasa terganggu dan kurang nyaman karena was-was bukan?

Jadi, bagaimana cara Anda menghindari kebakaran rumah di musim kemarau?

Berikut ini 4 tips menghindari kebakaran di musim kemarau yang bisa Anda lakukan saat meninggalkan rumah:

  1. Hindari membakar tumpukan sampah 
    Musibah kebakaran kerap terjadi karena banyaknya hal yang berisiko ada disekitar kita. Salah satunya, tumpukan sampah yang dapat membuat kobaran api cepat menyebar. Jadi, jangan sekali-kali membakar tumpukan sampah, dan kemudian meninggalkannya begitu saja. Selain harus menghindari membakar sampah, hindari pula menumpuk sampah di sekitar lingkungan Anda.  Karena mungkin saja, ada orang lain yang berpotensi membakar tumpukan sampah tersebut, secara sengaja maupun tidak.
    Perlu Anda ketahui, kebakaran sekecil apa pun yang terjadi pada musim kemarau, akan mudah terbawa angin dan membakar benda-benda di sekitar. Mengingat kondisi lingkungan di musim kemarau yang kering dan mudah tersulut api, maka sangat di sarankan untuk selalu waspada.
  1. Bijak menggunakan listrik.
    Risiko kebakaran bisa terjadi karena arus pendek listrik. Maka dari itu, Anda harus bijak menggunakan listrik di rumah. Terlebih bagi Anda yang meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama tanpa pengawasan. Jangan lupa untuk mematikan semua sumber listrik di dalam rumah, agar tidak ada potensi timbulnya musibah kebakaran di dalamnya.
    Oleh karena itu, sekarang sudah banyak teknologi yang membantu kita untuk bisa mengontrol listrik dan penggunaan alat-alat elektronik, seperti smart socket. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat menyalakan dan mematikan alat elektronik bisa dilakukan melalui ponsel. Sehingga, apabila Anda lupa mematikan sumber listrik, maka bisa segera Anda matikan meskipun Anda tak berada di dalam rumah.
  1. Jangan membuang putung rokok sembarang 
    Hal ini perlu diingat, bagi Anda yang mengkonsumsi rokok. Pada musim kemarau seperti saat ini, Anda harus bisa menjaga perilaku dengan baik.
    Bagaimana cara berperilaku baik?
    Hilangkan kebiasaan membuang sampah sembarangan, khususnya putung rokok. Kegiatan ini bertujuan agar tidak menjadi kebiasaan yang membahayakan. Ketika putung rokok terbuang di tempat yang kering, atau menyulut benda-benda yang muda terbakar, maka api akan cepat menyebar luas. Sehingga kebakaran ini bisa menghasilkan kobaran api yang besar.
  1. Pasang pendeteksi asap atau smart alarm
    Hal paling aman untuk Anda yang kerap bepergian adalah memasang alat keamanan atau fire alarm system seperti smart alarm, agar bisa lebih nyaman dan aman saat beraktivitas. Bukan saja terhindar dari musibah kebakaran, aset Anda dalam rumah juga akan tetap terjaga. Saat ini sudah banyak produk alat untuk kemanan yang sangat membantu untuk menghindari musibah kebakaran. Namun, sebelum memilih sistem keamanan yang tepat untuk terhindar dari kebakaran ini. Pastikan, sistem kemanan tersebut telah memiliki Smoke & Heat Detector yang dapat mendeteksi peningkatan suhu dan asap saat terjadi kebakaran.
    Sehingga Anda bisa melakukan tindakan dan upaya lebih cepat untuk menangani hal tersebut.

4 tips ini harus Anda terapkan. Keuntungannya, selain untuk keamanan anggota keluarga, juga dapat menjaga aset Anda. Namun, bila terjadi kebakaran yang tak terhindarkan, maka segera lapor kepada pemadam kebakaran dan lakukan tindakan cepat dan tepat untuk menyelamatkan diri.  

Share this info