4 Manfaat Teknologi Barcode dalam Dunia Bisnis


Kini dunia teknologi semakin maju sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia di berbagai bidang. Dengan teknologi, semua otomasi sistem akan memperlancar proses pekerjaan menjadi lebih cepat, efektif dan efisien. Salah satu teknologi yang berkembang pesat di dunia bisnis adalah teknologi barcode. Teknologi barcode sudah diaplikasikan di bidang perdagangan, industri, bahkan penerbitan atau perpustakaan. Kode barcode (kode batang) ini telah memberikan manfaat yang sangat berguna yaitu digunakan untuk pendataan produk. Inilah beberapa manfaat teknologi barcode dalam dunia bisnis.

1.      Akurat dan cepat

Masih banyak sekali pebisnis yang menggunakan sistem manual dalam memasukkan data atau informasi produk mereka. Biasanya proses pencatatan produk masih ditulis tangan. Padahal hal ini bisa menimbulkan banyak kesalahan karena salah mencatat informasi produk. Tapi dengan teknologi barcode semua detail mengenai produk dapat tercatat dengan akurat dan cepat dalam hitungan menit sehingga Anda dapat menghemat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan selanjutnya. Hal ini juga berlaku dalam proses transaksi jual beli di supermarket, harga barang akan cepat diketahui bila di-scan dengan barcode scanner.

2.      Inventory control

Teknologi barcode sangat bermanfaat dalam inventory control. Pasanglah label barcode di setiap produk agar datanya dapat dimasukkan ke komputer dengan benar. Pengelolaan persediaan barang ibarat jantung dalam bisnis sehingga data produk harus tercatat dengan benar tanpa ada kesalahan apapun. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui produk apa saja yang sudah masuk atau keluar dari gudang, produk apa yang masih tersisa banyak dan yang jumlahnya sudah sedikit. Jadi, jangan menunda untuk menggunakan teknologi barcode karena akan sangat membantu dalam menunjang kegiatan bisnis.

3.      Mudah digunakan

Penggunaan teknologi barcode sangat mudah digunakan sehingga tidak diperlukan biaya lebih untuk melatih karyawan. Anda cukup memasangkan kabel dari alat barcode scanner ke komputer, jika lampu barcode scanner menyala berarti siap digunakan, kemudian buka file Excel dan scan barcode yang ada pada produk agar datanya bisa masuk ke komputer. Mudah sekali, bukan?

4.      Pengambilan keputusan yang tepat

Jika semua data sudah dimasukkan ke komputer dengan benar, Anda dapat membuat laporan dan menganalisa perkembangan bisnis sehingga pengelolaan gudang lebih mudah. Pengambilan keputusan dalam memasarkan produk pun bisa lebih tepat berkat semua informasi yang sudah di-input sangat akurat.

Jadi, tunggu apalagi? Segera lengkapi fasilitas kantor Anda dengan barcode scanner. Kami memiliki 4 tipe barcode scanner yaitu, Logic OD-70, Logic CH-80, Logic LS-30, dan Logic LS-30A yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.  

Share this info