4 Tips Pertahankan Bisnis di Tengah Arus Perkembangan Zaman

Gaya hidup zaman sekarang yang lebih modern dan praktis dipengaruhi oleh teknologi. Hal ini juga berimbas pada daya jual beli masyarakat yang beralih ke aktivitas online shopping daripada pergi ke toko secara langsung. Jika para pengusaha tidak mengikuti tren terkini, maka bisa saja usaha mereka akan sulit bersaing di era modern dan bangkrut. Lalu, bagaimana caranya agar bisnis bisa tetap bertahan? Ikuti tipsnya di bawah ini.

1.      Mencari tahu target pasar

Sebelum memasarkan produk ke calon customer, sebaiknya cari tahu target pasar yang sesuai dan sudah pasti membutuhkan produk Anda. Tentukan beberapa hal seperti rentang usia, pekerjaan, kendala dan solusi. Contohnya, Anda menjual kamera CCTV dan DVR. Rentang usia yang sekiranya tertarik dengan produk Anda mulai dari usia 25 – 50 tahun yang bekerja sebagai direktur perusahaan yang mengalami kendala dalam mengawasi ruangan kerja karyawan dan ruangan berisi aset perusahaan. Solusinya adalah dengan memasang kamera CCTV agar orang yang berniat jahat mengurungkan niatnya karena di ruangan sudah terpasang kamera CCTV. Selain itu, rekaman CCTV bisa menjadi bukti kejahatan agar cepat ditangani kepolisian.

2.      Ada harga, ada rupa

Anda lebih suka membeli suatu barang dengan harga murah atau mahal? Meski banyak orang lebih suka barang berharga murah, Anda jangan pesimis dulu karena masih ada orang yang menganggap ada harga, ada rupa. Artinya, mahal atau murah produk yang Anda jual, selalu tekankan bahwa customer bisa mendapatkan suatu nilai (value) atau keuntungan. Misalnya, jika membeli produk Anda maka customer akan mendapatkan garansi resmi, bonus pemasangan kamera CCTV, gratis konsultasi seputar CCTV dan sebagainya. Oleh karena itu, masalah harga benar-benar harus dipikirkan dengan matang agar customer tidak merasa rugi membeli produk Anda.

3.      Pelayanan memuaskan

Customer akan selalu kembali jika merasakan pelayanan yang memuaskan. Pelayanan yang baik akan meningkatkan loyalitas customer. Pastikan merekrut karyawan yang memiliki kepribadian ramah, memiliki inisiatif tinggi dan peka terhadap lingkungan sekitar. Customer akan malas berkunjung ke toko Anda jika disuguhi wajah jutek, acuh dan tidak murah senyum.

4.      Gunakan teknik Omnichannel Marketing

Omnichannel marketing adalah strategi pendekatan pasar dengan menghubungkan banyak media baik dari website, apps, media sosial atau di toko offline untuk memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan, efektif dan konsisten. Jadi, Anda dapat memanfaatkan dunia digital untuk meningkatkan penjualan dan kunjungan customer ke toko offline Anda. Anda juga dapat memasarkan produk di market place seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dan lainnya untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Anda juga wajib memperhatikan apa yang menjadi tren saat ini untuk meningkatkan penjualan. Dengan demikian bisnis Anda akan selalu update dengan perkembangan zaman. Jangan lupa lengkapi toko Anda dengan kamera CCTV dari kanasecure agar Anda dapat memantau kinerja karyawan dengan aman dan nyaman!

Sumber gambar : beeaccounting.com

Share this info