5 Cara Jalin Komunikasi Efektif di Tempat Kerja

Memasuki dunia kerja, Anda akan banyak berhadapan dengan banyak orang yang memiliki berbagai macam karakter. Biasanya Anda akan merasa lebih mudah menjalin komunikasi dengan orang yang berkarakter dan memiliki jalan pikiran sama dengan Anda, kan? Walaupun begitu, Anda juga harus berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda karakter demi kepentingan pekerjaan. 

Berbeda orang, berbeda juga cara berkomunikasinya. Dalam hal ini, Anda harus pandai menempatkan diri agar tidak terjadi salah paham saat berbicara. Salah intonasi saja dapat menimbulkan makna yang berbeda bagi lawan bicara. Oleh karena itu, lakukan hal-hal berikut untuk menjalin komunikasi yang efektif.

1. Kenali Rekan Kerja

Kenali dulu karakter dan kepribadian rekan kerja Anda. Cari tahu pula hal-hal yang dia suka dan benci. Usahakan untuk menghindari pembicaraan yang akan membuat rekan kerja merasa tersinggung. 

2. To the point

Semua rekan kerja pasti memiliki kesibukan masing-masing, untuk menghemat waktu maka bicarakan kepentingan Anda secara to the point alias tidak bertele-tele. Dengan cara ini pembicaraan tidak akan membutuhkan waktu yang lama danrekan kerja akan langsung menangkap maksud pembicaraan Anda. 

3. Jaga Sikap

Saat berkomunikasi dengan lawan bicara, jagalah sikap Anda. Perhatikan lawan bicara, lakukan kontak mata, dan tegapkan postur tubuh. Selalu ingat untuk selalu sopan dan menghargai apa yang dikatakan lawan bicara karena orang akan selalu menilai dari sikap Anda. 

4. Ucapkan dengan Jelas

Hindari bergumam agar lawan bicara dapat memahami apa yang Anda katakan. Jika Anda berbicara terlalu cepat dan tidak jelas, rekan kerja akan sulit mencerna pembicaraan dan memercayai Anda. 

5. Lakukan Komunikasi Dua Arah

Dengarkan juga orang lain saat berbicara dengan Anda, jangan hanya mau didengarkan. Komunikasi yang baik adalah adanya timbal balik antar dua atau lebih orang. 

Share this info