5 Cara Tepat Merawat Kamera CCTV dan DVR

Layaknya tubuh manusia, kamera CCTV dan DVR juga membutuhkan waktu beristirahat dan perawatan agar selalu dapat bekerja dengan optimal. Apalagi kedua alat ini sering digunakan selama 24 jam. Jika tidak dirawat dengan tepat dan diberi jeda istirahat, maka performa kamera CCTV dan DVR bisa menurun. Bahkan bisa saja mengalami kerusakan atau gangguan di dalam sistem operasionalnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami berikan cara tepat merawat kamera CCTV dan DVR.

1.
Selalu bersihkan lensa kamera CCTV secara rutin

Lensa CCTV sering terkena debu sehingga harus dibersihkan secara rutin. Terutama CCTV outdoor yang dipasang di luar ruangan harus lebih sering dibersihkan karena pasti banyak debu yang menempel pada lensa kameranya. Debu ini harus dibersihkan agar tidak mengganggu kinerja CCTV saat menangkap objek sehingga hasil rekaman yang dihasilkan bisa tampil maksimal. Suhu panas dan dingin karena cuaca yang tak menentu dapat menyebabkan kamera rusak. Pasanglah silica gel di dalam kamera CCTV agar tetap awet dipakai. Periksa posisi kamera CCTV agar posisinya tidak berubah dan sesuai dengan yang diinginkan.
2.
Periksa pengaturan CCTV

Anda wajib memeriksa ulang pengaturan pada kamera CCTV mulai dari konfigurasi video, resolusi gambar, kualitas gambar dan kerapatan gambar. Anda bisa mengaturnya sesuai yang diperlukan sehingga hasil rekaman CCTV bisa dilihat dengan jelas dan maksimal. 
3. 
Merawat DVR dengan benar

Pastikan DVR, kabel dan konektornya masih terpasang dengan baik atau tidak terputus sambungannya. Sebaiknya pasang UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk mengantisipasi jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik sehingga DVR bisa dimatikan secara manual. Periksa juga bagian dalam DVR sekali atau 2 tahun sekali, bersihkan bagian mainboard dari debu dan kotoran. Anda dapat menggunakan kompresor udara untuk membersihkannya. 
4.
Backup hasil rekaman CCTV

Jangan lupa untuk mengatur jangka waktu penyimpanan hasil rekaman kamera CCTV bila fitur overwrite aktif. Anda bisa mematikan fitur ini agar hasil rekaman baru tidak menimpali (mengganti) hasil rekaman lama pada file yang sama. Jika semua hasil rekaman penting untuk disimpan, maka backup data secara rutin dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama. Misalnya, backup data seminggu sekali atau sebulan sekali. 
5.
Atur keamanan DVR CCTV

Untuk menghindari penggunaan yang tidak semestinya, sebaiknya pastikan IP DVR CCTV yang telah tersambung ke internet tidak diketahui banyak orang. Cukup orang-orang tertentu saja yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab penuh terhadap pemakaian DVR CCTV. 

Demikianlah cara tepat merawat kamera CCTV dan DVR. Bagi Anda yang berencana memasang kamera CCTV beserta DVR di kantor, rumah, maupun tempat usaha bisa langsung menghubungi CSO kami di website Kana. Kami juga menyediakan smart alarm kanasecure W20 untuk memantau aset berharga dan keluarga dengan praktis. Ayo, jadikan sistem keamanan Kana menjadi andalan Anda! 


Sumber gambar : https://t.justdial.com

Share this info