5 Dampak Buruk Multitasking

Memiliki banyak tugas saat bekerja, apalagi dengan tenggat waktu mendesak memang sering membuat repot dan bingung. Mau mengerjakan tugas ini, tapi tugas yang itu juga harus dikerjakan secepatnya. Jika ditinggal untuk mengerjakan tugas satunya, tugas yang lain bisa tidak selesai tepat waktu. Akhirnya, multitasking menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu. Namun, ternyata multitasking membawa dampak buruk bagi kehidupan. Berikut lima dampak buruk multitasking :


1. Menjadi tidak produktif

Berdasarkan buku Emotional First Aid: Practical Strategies for Treating Failure, Rejection, Guilt and Other Everyday Psychological Injuries yang ditulis oleh Guy Winch, otak manusia mempunyai batas saat harus mengerjakan sesuatu yang membutuhkan fokus dan perhatian. Winch menambahkan bahwa multitasking justru akan membuang waktu dan tidak produktif.

2. Boros Waktu

Multitasking malah boros waktu karena otak manusia sulit memproses hal-hal berbeda secara bersamaan. Fokus dan perhatian Anda akan terpecah di banyak tugas yang menyebabkan Anda lebih lama mengerjakan tugas.

3. Sering terjadi kesalahan

Multitasking menyebabkan turunnya konsentrasi, sehingga kesalahan akan sering terjadi karena informasi di ingatan Anda bisa tertukar antara satu dengan yang lain. Contohnya, mau memasukkan data ke file A ternyata yang benar dimasukkan ke file B. Bahaya sekali, bukan? Kesalahan yang dilakukan juga akan membuat Anda kerja dua kali.

4. Menghambat kreativitas

Kebiasaan multitasking yang dilakukan terus-menerus membuat fungsi otak dan kreativitas Anda menurun. Anda akan kesulitan memikirkan ide atau inovasi baru demi kemajuan perusahaan dan karier Anda sendiri.

5. Hubungan dengan orang lain jadi terganggu

Kenapa bisa begitu? Multitasking ternyata bisa menyebabkan orang lain merasa tidak dihargai dan diperhatikan. Bahkan Anda juga bisa dianggap tidak sopan. Misalnya, Anda sedang mengetik email dan di waktu yang bersamaan berbicara dengan orang lain atau saat rekan kerja menyampaikan hal penting namun Anda terus terpaku pada layar komputer.


Nah, akan lebih baik Anda agendakan dulu tugas-tugas sesuai skala prioritasnya, kemudian kerjakan satu persatu dengan fokus. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru dalam mengerjakan segala sesuatu. Dengan cara ini Anda bisa mengerjakan tugas dengan lebih baik dan hasilnya juga lebih maksimal.

Sumber gambar: carolineroth.se

Share this info