5 Fakta Mesin Kasir Lebih Menguntungkan Dibanding Sistem POS


Banyak sekali alat pendukung dalam menunjang transaksi bisnis Anda. Tentu saja hal ini membuat Anda bingung menentukannya. Manakah yang lebih baik? Mesin kasir atau sistem POS (Point of Sales) yang merupakan sistem operasi terhubung dengan Android maupun Windows.

Pada dasarnya, alat pendukung ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengusaha. Namun, ada 5 fakta tentang mesin kasir yang ternyata lebih menguntungkan dari sistem POS, berikut fakta-faktanya:

1. Harga lebih terjangkau
Siapa yang tak ingin memiliki alat pendukung transaksi dengan biaya yang hemat? Kebanyakan pelaku usaha, memilih produk dengan banyak manfaat namun dengan biaya minimal. Produk atau alat pendukung transaksi seperti ini, dapat Anda temukan di mesin kasir, khususnya mesin kasir Kanalogic KCR-181SW. Menggunakan mesin kasir Kanalogic KCR-181SW terbilang lebih murah, sebab pengguna dapat memperoleh fitur All in One seperti laci uang, printer thermal, deteksi uang palsu semua dalam satu mesin kasir. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli paket all in one tersebut satu per satu. Karena itu, mesin kasir ini sangat praktis.

Hal inilah yang membuat mesin kasir lebih terjangkau. Karena bila menggunakan sistem POS, maka Anda harus membeli perlengkapan kasir secara terpisah yang tentunya dengan harga yang tidak murah.

2. Tidak bergantung dengan koneksi internet
Operasional mesin kasir ini sendiri tidak bergantung dengan koneksi internet, sehingga pengguna dapat menggunakan secara offline tanpa khawatir terhadap gangguan jaringan internet. Dengan demikian, proses transaksi dapat tercatat dengan tepat dan tetap aman. Selain itu pengguna tidak perlu direpotkan untuk menghubungkan mesin kasir ke jaringan internet agar transaksi tetap berjalan aman. Bila Anda menggunakan sistem POS, maka hal lain yang perlu Anda pastikan adalah jaringan internet. Sebab, tanpa internet maka sistem POS tidak berjalan dan proses transaksi tidak dapat tercatat dan terekam. Tentu ini, akan menyulitkan bila terjadi gangguan jaringan internet.

3. Mudah digunakan
Terkait penggunaan, mesin kasir ini dapat digunakan oleh berbagai latar belakang pengguna. Sehingga, pengguna mesin kasir, seperti kasir, dapat melakukan dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu belajar operasional. Berbeda dengan sistem POS yang mengharuskan pengguna menguasai software yang akan digunakan. Selain itu, banyaknya komponen yang digunakan tentu dapat menimbulkan permasalahan bagi pengguna.

4. Biaya perawatan murah
Menggunakan sistem POS tentu membutuhkan pembaruan aplikasi di waktu tertentu. Terlebih lagi terdapat sistem POS berbasis web yang mengharuskan pengguna untuk membayar setiap bulannya. Hal ini tentu membutuhkan biaya tambahan bagi Anda. Oleh karena itu mesin kasir terbilang alat bantu bisnis yang hemat akan biaya perawatan. Sebab, perawatan mesin kasir banyak di hardware dan dapat diminimalisir.

5. Sesuai untuk berbagai jenis bisnis
Mesin kasir ini tidak terbatas akan beberapa usaha atau bisnis saja, sebab mesin ini sesuai untuk berbagai jenis usaha. Mulai dari usaha skala kecil, menengah, hingga besar, seperti: toko kelontong, resto, bisnis makanan, stand, both, dan sebagainya, bisa menggunakan mesin kasir ini. Karena itu, mesin kasir ini bisa digunakan oleh berbagai latar belakang usaha. Bila menggunakan Sistem POS, maka segmentasi atau usaha yang kerap menggunakannya adalah usaha skala besar atau menengah ke atas. Mengapa demikian? Sebab sistem POS digunakan dengan biaya yang tidak murah. Sehingga tidak fleksibel dalam untuk berbagai jenis bidang usaha.

Terlepas dari 5 fakta menguntungkan dari mesin kasir dibanding sistem POS di atas, nyatanya ada banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapat dari Mesin Kasir Kanalogic KCR-181SW ini. Pastikan Anda telah memilih alat penunjang bisnis yang tepat. Tentunya dengan manfaat optimal dan biaya minimal. 

Share this info