5 Keahlian yang Wajib Dikuasai di Era Digital

Dulu teknologi hanya mengenal telepon kabel, lalu muncullah telepon genggam. Setelah itu, lahirlah telepon pintar alias smartphone. Era internet berkembang menjadi mobile internet. Saat ini teknologi robotic dikembangkan pula dengan teknologi artificial intelligence. Teknologi digital mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif yang sangat menjanjikan. Kunci keberhasilan persaingan industri digital dan industri kreatif adalah mengkolaborasikan ide, sumber daya manusia, dan teknologi. Kombinasi inilah yang mampu menciptakan produktivitas yang luar biasa.

                Anda akan sering melakukan meeting dalam grup menggunakan aplikasi pesan instan, menerima email setiap saat, bekerja di luar kantor dengan rekan kerja meskipun terpaut dengan jarak yang jauh, hingga berkomunikasi dengan rekan kerja dari negara yang berbeda. Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri mengatakan bahwa era teknologi digital memberikan dampak pada tantangan persaingan dunia kerja yang terus berubah. Dunia kerja di era digital tak bisa dipisahkan dari teknologi.  Berikut ini lima keahlian yang wajib Anda miliki di era digital saat ini.


1. Bahasa Inggris

Selain sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris sangat penting untuk jejang karir Anda. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa, Anda dapat mengambil kursus atau belajar secara mandiri menggunakan aplikasi di smartphone, seperti Duolingo. Selain itu, Anda juga dapat membiasakan diri berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris.


2. Menulis Artikel

Menulis adalah suatu kegiatan yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi, memotivasi, mengubah hidup, mengubah pikiran, bahkan mengubah sejarah. Menulis dapat mengekspresikan kreativitas, pikiran, gagasan, perasaan, membantu orang lain belajar dan melakukan sesuatu. Keterampilan menulis dijamin akan mengubah hidup Anda. Anda perlu belajar menulis dan membuat blog. Jika Anda sudah bisa menguasai keterampilan ini, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan secara instan.


3. Memahami SEO

Keterampilan menulis sebaiknya diimbangi dengan kemampuan search engine optimization (SEO). Dengan begitu Anda bisa mengembangkan blog atau website untuk mendapatkan kunjungan (traffic) yang besar dari mesin pencari.


4. Bahasa Pemrograman

Belajar coding atau bahasa pemrograman tidaklah sesulit yang Anda pikirkan. Meskipun hanya sebatas dasar-dasar, namun keterampilan ini sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan. Anda tidak perlu mempelajari semua bahasa pemrograman. Anda dapat mengambil kursus atau belajar secara mandiri dari internet dan membeli buku tentang coding.


5. Edit Gambar dan Video

Keterampilan menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator dan pengolah video seperti Adobe Premiere akan menjadikan nilai tambah dan dinilai lebih unggul dari yang lain. Di era teknologi ini, Anda dituntut menciptakan berbagai hal yang kreatif. Anda dapat mengunjungi situs web dan kumpulan video seperti YouTube yang menyediakan tutorial edit gambar dan video secara gratis untuk mempelajari keterampilan ini.


                Anda dituntut untuk serba cepat, kreatif, dan inovatif di era digital. Sejumlah keahlian di atas dapat Anda gunakan untuk memenangkan persaingan dan mengantongi nilai tambah di mata perusahaan. Selain mengantongi sejumlah keahlian tersebut, sebaiknya Anda juga mengenali tipe pewawancara saat Anda mulai memasuki dunia kerja di era digital. Kunjungi laman News setiap hari untuk meningkatkan wawasan Anda seputar karir, teknologi, dan bisnis.

Share this info