7 Strategi Menguatkan UKM yang Sedang Berkembang

Untitled Document


Sebagai pengusaha UKM (Usaha Kecil dan Menengah), tentunya harus memiliki berbagai strategi untuk menguatkan usahanya yang sedang berkembang. Karena, bisa jadi banyak usaha dengan bidang yang sama sedang bergerak lebih cepat dibanding usaha Anda.
Lalu, bagaimana cara menguatkan UKM Anda yang sedang berkembang?

Terdapat 7 strategi yang harus diterapkan agar bisnis yang dijalankan dapat bertahan dan lancar di dunia perdagangan. Salah satunya termasuk memperbanyak transaksi penjualan dalam UKM yang dikembangkan.

  1. Buka cabang yang berpotensi
  2. Ingin memiliki penghasilan yang lebih besar?
    Maka, salah satunya Anda harus bisa memperbanyak barang yang dijual.

    Ingin memperluas jangkauan branding produk?
    Maka, Anda harus memperbanyak titik booth atau cabang dari usaha Anda. Oleh karena itu, sebelum membuka cabang pada suatu tempat, Anda perlu melakukan survey dan observasi lokasi tersebut.

    Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan saat meneliti suatu tempat untuk membuka cabang:

    • Cari tahu, apakah tempat tersebut berpotensi dengan produk yang Anda jual?
    • Berapa rata-rata jumlah orang yang melewati tempat itu?
    • Berapa besar kemungkinan orang bisa membeli produk Anda?
    • Seberapa mudah akses logistik untuk tempat tersebut?
      Misal, masuknya kendaraan besar, akses berbagai kendaraan dan keperluan bongkar muat produk dan sebagainya.


    Anda bisa menambahkan poin-poin yang patut diperhitungkan, karena hasil survey dan observasi ini bisa membantu Anda menemukan tempat terbaik untuk cabang baru.

  1. Bangun hubungan baik dengan relasi pengusaha
  2. Perlu diingat, pengusaha UKM bukanlah Anda seorang. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk menjaga dan menjalin hubungan baik dengan relasi bisnis.

    Mengapa demikian?
    Karena, semakin banyak relasi binis yang Anda miliki, maka akan semakin mudah bagi Anda memilih vendor-vendor terpercaya. Bahkan tidak menutup kemungkinan, pengusaha lain bisa tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan dan selanjutnya berkeinginan menjual produk Anda.

  1. Ikuti pameran dan festival
  2. Cara ini bisa dikatakan sebagai kegiatan promosi yang efektif bagi bisnis. Kebaradaan booth usaha Anda, bisa membangun brand image dari produk Anda.

    Karena dengan mengikuti kegiatan pameran dan festival, Anda dapat memperoleh konsumen baru dan juga bertemu dengan rekan pengusaha sekaligus bertemu kompetitor. Sehingga dapat dijadikan sebagai acuan bisnis dalam upaya mengembangkan dan mengevaluasi produk.

  1. Tingkatkan mutu pelayanan
  2. Jangan terlalu fokus dengan strategi bisnis secara eksternal, namun strategi dalam urusan internal juga harus Anda perhatikan.

    Mutu pelayanan merupakan bagian yang sangat penting dan harus selalu ditingkatkan. Ketika Anda menerima kritik dan juga saran dari pelanggan, maka Anda harus segera memperbaikinya.

    Selain pelayanan baik kepada konsumen, kedisiplinan karyawan juga menjadi tolak ukur tanggung jawab seseorang terhadap pekerjaannya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dengan memiliki sistem yang baik dalam mengelola kedisiplinan karyawan Anda. Misal, menerapkan sistem absensi, memberikan hukuman pada karyawan, hingga memberikan penghargaan bagi karyawan yang memiliki kedisiplinan baik.

    Hal lain yang penting adalah, bijaklah memberi upah dan gaji yang tepat bagi pegawai di UKM Anda. Baik untuk pegawai bulanan, mingguan dan harian, harus dihitung ideal agar bisa menumbuhkan loyalitas pagawai terhadap usaha Anda.

  1. Ikuti perkembangan teknologi bisnis
  2. Memiliki usaha di berbagai bidang dan skala, haruslah mengikuti perkembangan teknologi bisnis saat ini. Baik dalam urusan transaksi penjualan, update stok produk, laporan pendapatan dan berbagai urusan lainnya, harus dikerjakan secara efektif dan efisien.

    Oleh karena itu, hal-hal yang dapat menunjang suatu kesuksesan sebuah bisnis, harus segera diterapkan pelaku bisnis dengang cepat dan akurat. Misalkan, pada bisnis kuliner, salah satu hal yang dapat mempercepat proses bisnisnya adalah mesin kasir. Alat ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi penjualan yang lebih mudah.

    Proses bisnis Anda akan semakin mudah bila menggunakan mesin kasir, mengingat alat tersebut telah banyak memberikan berbagai kemudahan untuk mengelola transaksi penjualan seperti, mempermudah pemantauan laporan penghasilan, melihat laporan melalui smartphone, hingga memantau stok produk dengan mudah dari smartphone.

  1. Manfaatkan media sosial
  2. Pemasaran di media sosial menjadi favorit berbagai pelaku usaha. Maka dari itu, Anda harus bisa mengikuti keinginan pasar saat ini, seperti menemukan produk yang diinginkan dengan cepat.
    Pada zaman digital seperti sekarang, Anda dituntut untuk menyuguhkan layanan yang ramah di genggaman. Karena konsumen akan dengan mudah mendekati produk Anda melalui dunia maya. Tidak hanya itu, manfaat dari pemasaran digital ini bisa memperluas cakupan usaha Anda di dunia maya. Misalkan melalui Facebook, Instagram, Youtube, dan berbagai media sosial lain.

  1. Gunakan E Commerce
  2. Anda pasti sudah tahu tentang kebiasaan masyarakat yang menyukai belanja online bukan?

    Mengapa demikian?

    Hal ini terjadi, karena didukung oleh maraknya berbagai aplikasi belanja online atau E-Commerce. Konsep marketplace yang disuguhkan ini, bisa membuat produk Anda lebih mudah dikenal dan terjual. 

    Konsep ini, akan membantu Anda sebagai pengusaha UKM, untuk melakukan penjualan lebih mudah. Mengingat, berbagai hal saat ini lebih sering diakses secara online.
    Jadi, jangan ragu untuk memperbanyak akun di berbagai E-Commerce untuk melakukan pemasaran. Setelah membuat akun penjualan, selanjutnya dapat Anda pantau dan terus lakukan pembaruan pada akun E-Commerce Anda.

Itulah 7 strategi jitu yang bisa diterapkan untuk memperkuat UKM Anda yang sedang berkembang. Perbaikan dan peningkatan kualitas, baik secara internal dan eksternal, serta mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, akan membuat UKM Anda terus berkembang.

Share this info