7 Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik Lebaran


Setiap tahun menjelang libur lebaran, banyak umat Muslim yang hidup merantau di kota besar, jauh dari orangtua serta keluarga besar melakukan tradisi pulang ke kampung halaman yang biasanya kita kenal dengan istilah mudik. Momen lebaran menjadi ajang temu kangen yang selalu dinanti-nantikan. 
Tapi, saat pergi mudik pasti rumah akan kosong. Kalau tidak diantisipasi sedari awal, bisa-bisa momen ini menjadi kesempatan pencuri, maling atau orang tidak bertanggung jawab lainnya untuk melakukan kejahatan. Jadi, sebelum melakukan perjalanan mudik yang jauh sebaiknya Anda ikuti tips-tips di bawah ini agar mudik terasa aman dan nyaman.

1. Kunci semua pintu dan jendela dengan rapat

Sebelum pergi mudik bersama keluarga tercinta, pastikan semua pintu dan jendela di rumah sudah terkunci dengan rapat. Anda harus ingat kalau pintu dan jendela adalah jalan utama dari pencuri jadi harus dikunci dengan rapat. Selain itu, jangan pernah meninggalkan kunci rumah di bawah pot, keset, atau tempat lainnya agar tidak mudah ditemukan oleh pencuri.  

2. Cabut semua colokan listrik dan gas

Jangan lupa cabut semua colokan listrik, matikan semua perangkat elektronik, dan matikan gas saat akan pergi mudik jauh. Korsleting listrik dan kebocoran gas merupakan penyebab kebakaran rumah yang paling sering terjadi. Oleh karena itu, kita harus bisa mengantisipasi hal tersebut agar rumah tetap aman.

3. Bersihkan rumah

Untuk mengecoh pencuri masuk ke rumah sebaiknya bersihkan rumah dulu sebelum mudik Lebaran. Jangan biarkan halaman rumah terlihat kotor dengan meninggalkan sampah yang menumpuk. Agar lebih meyakinkan bahwa rumah tersebut masih ada penghuninya, letakkan sandal atau sepatu di luar teras tapi jangan ditata terlalu rapi. Rumah yang terlihat kotor menandakan rumah tersebut sedang ditinggal pergi oleh pemiliknya. Tentu hal ini menjadi kesempatan bagus bagi pencuri untuk melancarkan aksinya.

4. Simpan semua barang /dokumen berharga di tempat aman dan terkunci

Karena akan pergi dalam waktu yang lama, pastikan semua barang berharga seperti perhiasan, surat-surat penting, atau uang tabungan disimpan di lemari yang memiliki kunci. Jika perlu Anda bisa membeli safe deposit box yang terkenal kokoh dan aman dari kebakaran, kebocoran air, dan sulit dibongkar. Lalu, bawalah kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya selagi Anda tidak ada di rumah.

5. Hentikan pengiriman barang, surat, dan koran

Apakah Anda sering menerima paket barang, surat atau sedang berlangganan koran? Sebelum pergi mudik sebaiknya Anda hentikan dulu agar tidak memenuhi kotak surat rumah Anda. Anda bisa konfirmasi dulu ke orang yang hendak mengirimkan barang atau surat agar dikirim jauh-jauh hari sebelum libur lebaran. Untuk langganan koran pun demikian.

6. Minta tolong ke tetangga yang tidak mudik

Ada tetangga yang tidak mudik? Anda bisa meminta tolong tetangga untuk mengawasi rumah selagi Anda sekeluarga bepergian. Informasikan juga hal tersebut ke ketua RT dan satpam setempat sehingga jika ada sesuatu yang terjadi pada rumah Anda, bisa segera ditindaklanjuti. 

7. Memasang sistem keamanan

Rumah adalah tempat pulang ternyaman bagi semua orang. Untuk menjaga kenyamanan itu, Anda dapat memasang akses kontrol pintu Kanasecure A-1000BLC pada pintu utama dan pintu belakang rumah agar hanya Anda dan keluarga saja yang bisa membukanya. Pemasangan alarm anti maling seperti smart alarm Kanasecure W20 juga patut dipertimbangkan. Alat ini dapat mendeteksi kejadian yang tidak diinginkan seperti pintu atau jendela yang dibuka paksa, kebakaran, kebocoran gas, kebocoran air, dan keadaan darurat lainnya sehingga bisa diatasi dengan cepat. Kalau lupa mematikan lampu dan beberapa alat elektronik di rumah, Anda bisa menggunakan fitur Smart Socket pada Kanasecure W20 untuk mengatur menyala atau tidaknya alat-alat elektronik di rumah. Sangat praktis dan mudah, bukan? 

Rumah Anda akan aman jika melakukan tips-tips di atas. Jaga kondisi badan tetap fit selama perjalanan jauh. Jangan lupa bawa obat darurat (anti mual dan obat pusing) saat akan berangkat mudik dan berdoa selama perjalanan agar selamat sampai tujuan.  

Sumber gambar : servicechampions.net

Share this info