Aktivitas Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Siapa bilang jadi pegawai kantoran tidak bisa hidup sehat? Pasti bisa, yaitu dengan cara makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan pandai mengolah stress. (baca: Kesehatan Terjaga, Performa Kerja Prima). Selain itu, olah raga juga sangat dibutuhkan untuk menunjang pola hidup sehat. Namun ini jadi tantangan tersendiri bagi para pegawai atau pekerja kantoran.

Pekerjaan kantor yang mengharuskan anda untuk lebih banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer selama kurang lebih 8 jam per hari dalam kurun waktu 6 hari berturut – turut, akan begitu menyita waktu anda. Belum lagi ketika di rumah anda harus direpotkan dengan berbagai aktivitas rumah terutama di pagi hari sebelum berangkat kerja. Pulang kerja dengan kondisi lelah fisik dan fikiran membuat anda lebih memilih untuk segera beristirahat. Seolah hampir tidak ada waktu untuk berolah raga. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa pekerja kantoran mustahil bisa berolah raga, dan berbagai penyakit pun kerap mengintai para pekerja kantoran, seperti diabetes, kolesterol, jantung koroner, ambeien, dan masih banyak lagi.

Kondisi seperti ini memang tidak bisa dihindari. Bagi anda para pekerja kantoran, ada tugas dan tanggung jawab yang harus ditunaikan apapun kondisinya. Begitu juga aktivitas di rumah yang tentu  harus dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Namun, anda tetap harus menyeimbangkan antara kesibukan dan kesehatan. Karena jika kesehatan buruk, maka segala aktivitas anda akan terganggu. Karena dalam 1 hari anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di kantor, maka sebisa mungkin luangkan waktu di sela – sela kesibukan kerja untuk melakukan olah raga ringan (baca: Segarkan Karyawan Kembali Dengan Olah Raga Ini). Akan tetapi tidak semua pekerja kantoran mau melakukannya karena berbagai alasan, misalnya tidak nyaman jika melakukannya dengan menggunakan seragam kerja yang rapi, terlebih bagi para pekerja wanita yang menggunakan sepatu high heels, merasa terganggu jika bekerja dalam kondisi tubuh berkeringat, hingga alasan rasa malu jika dilihat oleh rekan kerja lain ketika melakukan peregangan atau olah raga ringan pada jam kerja yang sibuk.

Jika anda juga merasakan hal serupa, maka tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa aktivitas sederhana di kantor yang tidak terlihat mencolok dan tidak mengeluarkan banyak keringat, namun tetap bisa memberikan manfaat olah raga, yaitu:

1.       Perbanyak minum air putih

Bekerja di dalam ruangan ber-AC membuat tubuh cepat dehidrasi, kulit kering dan keriput. Untuk mengatasinya, perbanyak minum air putih. Pada orang dewasa kebutuhan minum air putih kurang lebih mencapai 2 liter per hari. Sediakan botol atau gelas ukuran sedang di atas meja kerja yang telah diisi dengan air putih. Ukuran yang sedang memungkinkan anda untuk dapat lebih cepat menghabiskannya dan harus berulang kali berjalan kaki untuk mengisi tempat minum anda. Aktivitas ini bisa bermanfaat sebagai pengingat otomatis agar anda meluangkan waktu bergerak di sela – sela kesibukan kerja. Dengan memperbanyak minum air putih anda pun akan jadi lebih sering buang air kecil, yang tentu mengharuskan anda lebih sering berjalan menuju toilet. Dengan demikian, ada dua manfaat yang bisa diperoleh dari usaha memperbanyak minum air putih, yaitu, manfaat kesehatan dan manfaat kecantikan kulit.

2.       Rapikan file kerja

Kerja dengan kondisi meja yang berantakan bisa mempengaruhi produktivitas. Jika barang – barang yang ada di atas meja kerja tertata dengan rapi, maka hal ini dapat memunculkan energi positif dan semangat kerja. Sering – seringlah merapikan meja kerja anda. Beranjaklah dari kursi kerja menuju file cabinet dan tatalah file – file kerja serapi mungkin agar memudahkan anda ketika mencari file yang dibutuhkan. Tak perlu khawatir jika anda harus berdiri cukup lama hanya untuk merapikan file dalam kabinet, karena selain bermanfaat memudahkan pekerjaan, juga bermanfaat bagi kesehatan daripada duduk terus menerus di atas kursi kerja. Gerakan seperti berjongkok, berdiri, dan kedua tangan terus bergerak ketika merapikan file dalam kabinet bisa menjadi alternatif peregangan atau olah raga ringan yang menyehatkan.

3.       Menemui rekan kerja antar departemen / divisi

Dalam suatu perusahaan pasti di dalamnya terdapat beberapa departemen atau divisi yang berbeda. Meskipun tidak terkait secara langsung namun pada dasarnya setiap departemen ini saling membutuhkan dan saling berhubungan karena memiliki satu visi dan misi yang sama untuk kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, sudah semestinya anda menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan rekan – rekan anda di kantor walau tidak dalam satu departemen. Jika tugas anda berhubungan langsung dengan rekan di divisi lain, maka sebaiknya anda langsung menemui di ruangan yang bersangkutan jika ada keperluan terkait tugas anda. Namun jika tugas anda tidak terkait langsung dengan mereka, maka usahakan untuk sesekali berjalan menuju ruangan mereka meski hanya sekedar untuk menyapa, melakukan obrolan singkat, atau makan siang bersama. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan lingkungan kerja yang menyenangkan sekaligus menyehatkan bagi tubuh anda.

Meski terlihat sederhana, namun beberapa aktivitas ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kelancaran karir anda. Selain mudah dan menyenangkan, anda pun tanpa sadar telah mendapatkan manfaat olah raga ringan di kantor.

Share this info