Ayo, Atasi Badan Pegal dengan Senam Ringan di Kantor!

Anda seorang pekerja kantoran yang sering duduk terlalu lama di depan komputer? Awas, hal tersebut bisa menyebabkan kesehatan Anda terancam! Ya, memang terlihat sepele tapi banyak fakta yang mengungkapkan bahayanya, salah satunya terbukti dari penelitian Journal of The American College of Cardiology yang mengatakan bahwa wanita yang rata-rata duduk sampai 10 jam sehari memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi. 

Selain itu, semakin lama Anda duduk maka pankreas akan memproduksi insulin berlebih dan menyebabkan penyakit diabetes. Dan ternyata masih ada lagi yaitu, proses pencernaan makanan menjadi lambat, otot terasa lemah karena kaku dan jarang relaksasi, risiko osteoporosis, kolesterol meningkat, obesitas, dan kemampuan otak menjadi menurun.

Setelah mengetahui bahaya di atas, Anda harus segera mengatasinya dengan senam ringan sebelum terlambat. Senam ringan ini sangat mudah dilakukan di kantor dan tidak menyita banyak tempat, cukup dengan meja dan kursi milik Anda. Berikut langkah-langkahnya.

  1.  Lakukan peregangan leher secara rutin. Caranya dengan menekuk kepala ke samping kiri dan kanan, menunduk dan mendongak, menoleh kanan dan kiri, dan memutar kepala searah jarum jam dan sebaliknya.
  2. Pundak dan tangan adalah bagian tubuh yang paling banyak bergerak. Regangkan mulai dari pergelangan tangan dengan meluruskan salah satu tangan ke depan, dan tarik telapak tangan ke belakang. Selanjutnya, untuk bagian pundak, duduklah dengan tegak. Lalu, angkat kedua bahu secara bersamaan dan tahan 5 detik, setelah itu turunkan kembali. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali. Anda juga bisa memutar kedua bahu dari depan ke belakang maupun sebaliknya untuk melenturkan otot yang kaku.
  3.  Angkat kedua tangan dengan kuat seolah-olah ingin menyentuh “langit” dan hadapkan kedua telapak tangan ke atas. Tahan selama 5 detik dan lakukan sebanyak 2 kali agar otot terasa lebih rileks.
  4. Terkadang karena terlalu lama duduk, punggung terasa pegal. Anda bisa meregangkan punggung dengan bantuan kursi. Duduklah dengan tegap, letakkan kedua tangan di belakang kursi dan tahan selama beberapa detik.
  5. Lakukan gerakan high kick untuk melemaskan otot kaki. Tegakkan posisi duduk Anda, luruskan salah satu kaki ke samping dan tahan selama 2 detik. Lalu, naikkan kaki ke atas perlahan tapi tidak perlu terlalu tinggi selama 5 detik dan rasakan otot kakimu tertarik. Ulangi gerakan ini untuk kaki satunya.

Mudah sekali bukan? Oleh karena itu, rutinkan gerakan-gerakan di atas agar badan dan pikiran Anda terasa lebih segar. Kalau badan terasa pegal pastinya akan sangat mempengaruhi produktivitas kerja. Tubuh memang tidak bisa dibiarkan pasif terus menerus agar sinyal-sinyal biologis dari otak ke seluruh tubuh dengan lancar.

Sumber gambar : http://sydneyosteopathicmedicine.com.au

Share this info