Barcode Scanner Awet dan Bagus, Usaha Jalan Terus!

Pentingnya memiliki barang yang berkualitas dan tahan lama tampaknya juga menjadi perhatian khusus bagi para pengusaha baik yang memiliki usaha berskala kecil, menengah, hingga besar. Pasalnya perlengkapan dan peralatan usaha turut menunjang efektifitas dan kelancaran sebuah usaha. Jangan sampai ‘besar pasak daripada tiang’ dimana budget lebih banyak keluar untuk membeli alat – alat pendukung usaha daripada pemasukan usaha. Untuk itu, sangat penting memilih berbagai perlengkapan atau peralatan penunjang usaha yang bagus dan awet. Seperti halnya barcode scanner.

Dalam dunia usaha masa kini, penggunaan barcode scanner sudah menjadi hal yang sangat umum. Mulai dari administrasi gudang, industri retail, hiburan, periklanan hingga kode pembayaran dan masih banyak lagi produk lain yang menggunakan teknologi barcode yang tentunya membutuhkan alat pembaca barcode untuk efektifitas usaha pada masing – masing bidang usaha tersebut.

Mengingat manfaatnya yang begitu banyak dalam suatu bidang usaha, maka sebaiknya pilih barcode scanner yang memiliki kualitas bagus dan dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama. Lalu, bagaimana ciri – ciri barcode scanner yang awet dan bagus?


a.      Memiliki Gold Plated Optical Part

Optical part jenis gold plated lebih sensitif dan memiliki masa pakai yang lebih panjang, yaitu mencapai 5 tahun, dimana untuk Top performance bisa mencapai 3 tahun. Tipe barcode scanner yang menggunakan gold plated memiliki kualitas yang lebih bagus daripada barcode scanner yang memiliki Optical part jenis Nickel plated ataupun silver plated. Secara kasat mata memang akan sedikit kesulitan untuk mengetahui suatu barcode scanner apakah memiliki Gold Plated Optical Part. Untuk memastikannya, tanyakan pada pihak penjual atau dengan membacanya langsung pada keterangan produk. Atau jika masih bingung, bisa langsung memilih Kana Logic LS-30 yang merupakan barcode scanner handal dengan Gold Plated Optical Part.

 

b.      Dilapisi Rubber Coating

Pada beberapa jenis barcode scanner seperti Kana Logic LS-30A memiliki casing berbahan karet di sisi atas dan bawah scanner. Hal ini bertujuan untuk menambah keamanan scanner saat terbentur atau terjatuh. Dengan lapisan rubber atau bahan karet ini, maka barcode scanner bisa memiliki ketahan meskipun terjatuh dari ketinggian mencapai 1,5 meter. Lapisan rubber coating yang tidak menyeluruh, yakni hanya di sisi atas dan sisi bawah scanner dikarenakan sisi itulah yang paling besar kemungkinannya untuk berbenturan langsung dengan media lain ketika terjatuh.

 

c.       Berbasis kamera (image based)

Barcode scanner berbasis kamera (image based) seperti Kana Logic CH-80 ternyata juga memiliki keunggulan tersendiri yang menjadikannya layak untuk dipilih.  Pada barcode scanner berbasis kamera ini, alat tidak membaca titik, tetapi membaca bidang, sehingga masih bisa mengumpulkan informasi dari garis-garis barcode yang rusak sampai tingkat kerusakan tertentu yang sudah sulit sekali dibaca barcode laser. Alat pembaca barcode berbasis kamera ini bahkan Mampu membaca barcode yang rusak dengan tingkat kerusakan mencapai 60% pada media kertas dan plastik, serta layar elektronik. Kerusakan pada barcode perlu menjadi perhatian khusus karena ini merupakan masalah yang seringkali terjadi.

 

d.      Berbahan plastik ABS + PC

Plastik ABS + PC adalah bahan yang biasa digunakan untuk barang – barang elektronik yang berkualitas. Hal ini dikarenakan bahan plastik ABS + PC biasanya memiliki keunggulan lebih kuat dan tahan pecah. Barcode scanner yang terbuat dari bahan plastik ABS + PC seperti Kana Logic OD-70 ini bisa memiliki masa pakai yang lebih lama karena meski terbentur atau terjatuh dari ketinggian tertentu, alat pembaca barcode ini tidak mudah pecah ataupun rusak. Hal ini tentu sangat bermanfaat mengingat faktor human error masih sering menjadi penyebab utama rusaknya alat. Alat bisa saja secara tidak sengaja tersenggol atau terlepas dari genggaman ketika digunakan sehingga rawan jatuh dan terbentur. Oleh karena itu, penting juga mempertimbangkan bahan yang digunakan pada sebuah barcode scanner.

Ternyata sangat mudah ya untuk mengetahui barcode scanner yang awet dan bagus. Semua keunggulan seperti poin – poin di atas ada pada barcode scanner Kana Secure. Berbagai macam barcode scanner yang dihadirkan kana Secure telah dibekali dengan berbagai keunggulan yang bermanfaat untuk menunjang berbagai bidang usaha

Share this info