Begini Cara Door Sensor Deteksi Datangnya Pencuri


Door sensor ini merupakan kesatuan dari smart alarm yang digunakan oleh banyak orang untuk menjaga keamanan rumahnya. Mengingat masyarakat saat ini menyadari betul, betapa bermanfaatnya menggunakan smart alarm untuk keamanan rumah di zaman serba canggih.

Sensor yang bisa dipasang di pintu dan jendela rumah ini, sangat membantu mencegah aksi pencuri atau tamu tak diundang lainnya saat mengakses rumah secara diam-diam atau secara paksa. Door Sensor ini merupakan salah satu sensor yang bisa memperkuat keamanan di dalam rumah atau perusahaan.

Bahkan banyak orang penasaran, bagaimana bisa sensor pintu atau yang biasa dikenal dengan door sensor ini bisa mendeteksi adanya pencuri?
Ternyata, begini cara kerja door sensor yang membantu mendeteksi tindakan mencurigakan dari pencuri:

 

  1. Dipasang pada pintu atau jendela
    Door sensor dipasang terlebih dahulu di pintu, jendela atau akses lain yang diinginkan.  Sensor ini, akan bekerja mendeteksi area yang sudah ditentukan. Bila menurut Anda, area atau akses paling berisiko adalah pintu dan jendela, maka Anda bisa memasangnya pada tempat-tempat tersebut. Secara otomatis, door sensor sudah mengatur area yang akan diawasi.

 

  1. Saklar magnet (reed switch) bekerja
    Door sensor terdiri dari sensor magnet dan magnet. Untuk sensornya sendiri, menggunakan saklar magnet (reed switch) yang bekerja jika ada magnet di dekatnya.
    Magnet ini dipasang pada daun pintu atau jendela. Kemudian, sensor magnet dipasang pada bingkai/lis pintu atau jendela.
    Sensor magnet dan magnet ini dipasang saling berdekatan.

    Ketika pencuri atau tamu tak diundang membuka pintu atau jendela secara paksa dengan senjata serta tindakan mencurigakan lainnya, maka sensor magnet dan magnet akan berjauhan. Selanjutnya, door sensor bekerja mengirimkan sinyal ke panel smart alarm.

 

  1. Memicu Smart Alarm
    Setelah sensor magnet dan magnet terpisah, selanjutnya perisitiwa ini akan memicu smart alarm.
    Namun, harus dipastikan bahwa smart alarm ada pada pengaturan Arm (aktif). Bila smart alarm sudah dalam kondisi Arm (aktif), maka  sensor akan mengirim sinyal ke panel smart alarm.

 

  1. Smart Alarm mengirim notifikasi ke ponsel
    Setelah panel smart alarm menerima sinyal, maka akan menghasilkan bunyi dan kemudian mengirimkan informasi (notifikasi) di ponsel Anda melalui aplikasi smart alarm. Informasi ini dikirim ke ponsel (aplikasi smart alarm) dengan 3 pilihan koneksi WiFi/GPRS/GSM. Sehingga, bila ada salah satu koneksi yang terkendala, maka Anda bisa memilih koneksi lainnya.

 

Lebih mudahnya, beginilah skema cara kerja dari door sensor: