Begini Cara Membuat CV yang Menarik

Membuat Curriculum Vitae (CV) atau resume dan surat lamaran adalah dua proses awal sebelum Anda melamar kerja. CV dan surat lamaran yang menarik adalah modal wajib untuk mendapatkan pekerjaan idaman. Resume yang Anda buat merupakan penentu titik awal menuju karir, itulah mengapa membuat resume terkadang bisa menjadi tantangan yang menakutkan bagi sebagian pencari kerja.


Bagi Anda yang masih berstatus fresh graduate, terjun ke dunia kerja menjadi salah satu hal yang tak mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda belum memiliki pengalaman kerja mumpuni yang bisa dibanggakan. Meski begitu, bukan berarti seorang fresh graduate tidak bisa memikat perusahaan impian dengan CV atau Curriculum Vitae yang dimilikinya. Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar resume milik Anda bisa memikat hati para perekrut. Laman Forbes memberikan tips bagaimana resume Anda bisa dilirik perusahaan dan membuat rasa penasaran bagi pembacanya.


Tulis resume singkat dan berisi

Membuat resume yang terlalu panjang dan rumit untuk dibaca merupakan salah satu cara untuk merusak resume atau CV Anda. Resume terbaik ialah resume singkat yang dapat menggambarkan dan mempresentasikan tentang diri Anda. Resume yang ditulis tangan umumnya juga mencerminkan kepribadian penulisnya. Tulislah data pribadi Anda dalam resume secara lengkap, singkat, dan berisi.


Perbarui profil di situs pencari kerja

Melamar pekerjaan adalah suatu proses impersonal. Anda akan bersaing dengan para kandidat lainnya yang juga berusaha meraih posisi yang sama pada perusahaan yang Anda lamar. Selain melamar kerja secara langsung, kini beberapa perusahaan memilih calon karyawannya lewat situs pencari kerja online. Usahakan Anda selalu memperbarui profil pada situs pencari kerja yang Anda miliki. Resume di profil situs pencari kerja inilah yang berperan sebagai pembuka jalan ke perusahaan potensial. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk melihat perusahaan mana saja yang pernah mencari bakat Anda, sehingga Anda pun bisa secara proaktif menindaklanjutinya.


Memasarkan diri sendiri

Pastikan Anda harus kreatif untuk memasarkan diri. Buatlah orang lain penasaran dan timbulkan kesan bahwa Anda ialah salah satu orang yang bisa menjadi panutan dengan kinerja yang telah Anda lakukan. Resume yang Anda buat haruslah memiliki nilai yang menunjukkan bahwa Anda mampu memecahkan atau memperbaiki permasalahan dan kendala perusahaan saat ini. Misalnya, jika Anda merupakan seorang ahli gizi yang bergerak di produsen makanan dengan target penurunan berat badan, maka Anda dapat menyatakan bahwa Anda telah mengembangkan metode ilmiah untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga. Anda juga dapat mencantumkan pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, prestasi, dan keahlian lainnya.


Pastikan juga bahwa headline resume Anda menarik perhatian. Sebuah headline dalam resume yang Anda buat pasti akan mendapatkan perhatian dan menarik orang untuk membaca, bahkan jika tidak ada lowongan pekerjaan saat itu. Tunjukkan bahwa apa yang Anda tulis dan janjikan tersebut bisa Anda buktikan ke depannya, sehingga hal tersebut akan menambah poin plus Anda. Kesimpulannya, buatlah resume yang menonjol dan menarik perhatian bagi target pembacanya. Selamat mencoba!

Share this info