Benarkah Kontak Mata Penting Saat Wawancara Kerja?

Apakah Anda salah satu pencari kerja? Anda seorang fresh graduate yang mendapatkan kesempatan wawancara kerja pertama kalinya? Jika ya, maka Anda sebaiknya memperhatikan hal kecil ini yang bisa menjadi penentu apakah Anda layak diterima kerja atau tidak. Setiap kandidat atau calon karyawan pasti melewati berbagai tes seleksi, seperti dokumen-dokumen pribadi seperti CV, surat lamaran kerja, ijazah, sertifikat, dan lainnya hingga berlanjut ke tahapan psikotes dan interview. Sayangnya, proses interview tidak berlangsung semudah dan secepat yang Anda bayangkan. Pada proses interview, Anda akan dihadapkan oleh berbagai tipe pewawancara, seperti HRD, atasan langsung, dan user lainnya.


Dilansir dari situs Karir.com, banyak orang yang menganggap tes interview kerja merupakan hal yang bisa membuat cemas, tegang, grogi, panik, bahkan salah tingkah. Saat perasaan cemas itu datang, biasanya pelamar akan kehilangan kontak mata dan menjadi tidak fokus dengan para pewawancara. Meskipun telah ditunjang dengan penampilan, namun hilangnya kontak mata saat interview dapat menyebabkan kegagalan dalam seleksi karyawan baru. Kontak mata memang hal kecil yang sering diluputkan para pelamar kerja, padahal hal ini sangat memiliki banyak arti.


Mata adalah jendela yang bisa memperlihatkan level ketertarikan, kepercayaan diri, dan profesionalisme Anda selama wawancara kerja. Kontak mata menunjukkan bahwa Anda memiliki keseriusan untuk bergabung dengan perusahaan dan isyarat bahwa Anda menghargai HRD perusahaan. Pengalihan tatapan bisa berarti Anda melihat ke arah lain atau mengedipkan mata. Saat pewawancara mengajukan pertanyaan dan Anda tiba-tiba berkedip lebih dari 70 kedipan per menit atau melihat ke arah lain, itu berarti Anda sedang tertekan dan berusaha menghindari kebenaran. Selain itu, kontak mata dapat menggambarkan tingkat kepercayaan diri, menunjukkan kejujuran, menunjukkan ketertarikan, dan memupuk kepercayaan.


Jadi, jagalah kontak mata dengan pewawancara ketika proses interview kerja sedang berlangsung. Jangan pernah menunduk atau mengalihkan pandangan Anda ke arah lain. Hal ini menandakan bahwa Anda kurang percaya diri, persiapan yang belum matang, atau sedang berbohong. Untuk bisa mempertahankan kontak mata dengan pewawancara, maka Anda perlu berlatih sebelum menghadapi interview kerja. Untuk melatih kesiapan Anda memasuki dunia kerja, kunjungi berita dan tips terbaru seputar karir, bisnis, teknologi, dan anak di laman News. Semoga beruntung!

Share this info