Berencana Buka Bisnis Baru Akibat PHK? Siapkan 4 Hal Ini


Aspek ekonomi dirasa paling terguncang di pandemi Covid-19 ini, tentunya setelah isu kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Banyak fenomena pemberhentian aktivitas bisnis, yang tentu saja berdampak pada pemangkasan operasional hingga karyawan. Tak heran, banyak perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Bila perusahaan terus berusaha bangkit dan mempertahankan usahanya, para karyawan yang mengalami PHK juga harus memutar otak untuk mencukupi kehidupannya. Karena itu, di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini semakin banyak bisnis baru yang bermunculan. Kondisi new normal saat ini, menjadi momentum baik bagia para pelaku bisnis baru untuk memulai usahanya. Sebagian besar pelaku usaha baru ini adalah karyawan yang mengalami PHK.

Apa Anda satu diantaranya? Perhatikan 4 hal ini untuk membangun bisnis baru yang ideal di era new normal:

1. Ide & Mental Entrepreneur. Meskipun Anda memulai bisnis baru dengan kondisi yang serba mendadak dan dalam posisi terhimpit, maka pastikan ide dan mental sebagai entrepreneur sudah terbentuk. Kuatkan ide bisnis dan pastikan Anda memiliki mental yang kuat. 

2. Kerangka bisnis. Anda juga harus mengetahui dengan benar kerangka bisnis Anda sebagai panduan. Kerangka bisnis ini meliputi: deskripsi bisnis, tujuan, SOP bisnis, perhitungan pengeluaran, target pasar, teknik pemasaran, hingga struktur organisasi. Sekecil apa pun bisnis Anda, semua hal ini sangat penting. Sebab akan berdampak pada penguatan bisnis saat dikembangkan. 

3. Modal Bisnis. Menentukan sumber modal dari bisnis Anda adalah kunci penting. Pastikan modal usaha yang berasal dari pinjaman, uang pesangon, bantuan keluarga, dan lain-lain harus dipertimbangkan nilai kontinuitasnya. Bisnis di nilai akan memiliki risiko berhenti operasional, bila kontinuitas modalnya terjamin di awal usaha baru.

4. Operasional. Tahukah Anda, untuk memulai bisnis baru maka hal yang penting dicatat dan dipantau adalah laporan penjualan pada bisnis Anda. Alih-alih melakukan laporan secara manual, baiknya Anda memilih perangkat elektronik yang pas dengan budget minimalis seperti mesin kasir.

Menariknya, mesin kasir ini bisa membantu pelaku usaha baru untuk bisa mengelola laporan penjualan dengan mudah dan memantaunya secara langsung dari ponsel. Berbagai transaksi penjualan yang dilakukan melalui mesin kasir, dapat dilihat secara langsung oleh pemilik usaha melalui ponselnya. Selain laporan penjualan yang bisa dilihat dari ponsel, mesin kasir juga memiliki berbagai keunggulan yang mempermudah operasional penjualan bisnis baru Anda. 
Mesin kasir, terbilang sebagai alat yang murah dengan banyak manfaat yang mampu mendukung performa usaha baru.

Segera gunakan mesin kasir Kanalogic KCR-181SW untuk mempermudah bisnis baru Anda. 

Share this info