Business Branding di Media Sosial? Perhatikan 4 Hal Ini!

Media sosial yang kian hari kian mewabah di kalangan masyarakat menawarkan hak dan kebebasan berekspresi bagi penggunanya. Tak dapat dipungkiri, media sosial ini memang memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan di era informasi, baik untuk personal atau diri sendiri maupun perusahaan. Anda sebagai pemilik perusahaan dapat mengembangkan dan mempopulerkan produk atau bisnis Anda melalui jejaring sosial yang dapat diakses oleh seluruh orang di segala penjuru dunia. Namun, perlu Anda ingat bahwa segala tindakan di media sosial akan mencerminkan citra diri. Media sosial suatu perusahaan akan mencerminkan citra diri perusahaan itu sendiri atau yang disebut dengan branding.

Di dunia profesional, branding memberikan pengaruh terhadap popularitas bisnis atau perusahaan. Business branding yang positif dapat membantu mendongkrak produk perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memikirkan branding yang ingin dibangun saat beraktivitas di media sosial. Dengan melakukan sedikit kesalahan saja, perusahaan atau bisnis Anda bisa menjadi taruhannya. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk menjaga branding bisnis Anda di media sosial.


Bagikan konten yang menarik

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 88,1 juta pengguna dan 79 juta diantaranya merupakan pengguna media sosial aktif. Konten yang paling banyak dimuat dan digandrungi oleh pengguna media sosial diantaranya berupa gambar, video, dan konten yang berisi kuis atau tebakan. Dengan membagikan konten yang menarik dan sesuai bidang bisnis atau perusahaan, akun media sosial Anda akan dijangkau oleh banyak orang dan meningkatkan popularitas bisnis yang sedang Anda tekuni.


Hindari konten yang bersifat sensitif

Banyak orang yang menganggap bahwa media sosial merupakan sebuah jurnal harian dan kadang menayangkan konten yang bersifat sensitif untuk dibahas. Mereka sebagai pembaca dan pengikut media sosial Anda akan mulai merasa tidak nyaman. Hindari opini yang tidak didasari oleh fakta yang kuat, apalagi jika isu yang diangkat berhubungan dengan SARA atau yang bersifat prinsip. Sebesar apapun bisnis dan perusahaan Anda, jika Anda tidak tahu cara yang tepat berperilaku di media sosial, maka reputasi bisnis Anda akan tercemar.


Tunjukkan kelebihan bisnis Anda

Menunjukkan keandalan dan benefit produk di media sosial sama artinya dengan mengungkap identitas bisnis Anda di depan khalayak. Dengan memberikan informasi mengenai kelebihan dan keuntungan produk melalui media sosial, mereka para pembaca dan calon konsumen akan mampu menilai seperti apa produk Anda. Selain meningkatkan popularitas, berbagai aktivitas di media sosial seperti update informasi dan membagikan konten produk akan menambah kepercayaan orang lain terhadap kualitas produk Anda.


Hati-hati menyaring informasi

Saat ini, penyebaran informasi palsu alias hoax semakin mengkhawatirkan dan sulit untuk dihindari. Anda sebagai pengguna media sosial yang bijak harus mampu membedakan dan memilahnya. Kemampuan menyaring informasi inilah yang menentukan kredibilitas akun bisnis Anda. Tentu Anda tak ingin harga diri perusahaan tempat Anda bekerja menjadi tercoreng, bukan?


Pada dasarnya, penggunaan media sosial tidak hanya menyangkut hak demokrasi manusia, namun juga tanggung jawab sosial. Jangan melupakan nilai-nilai yang dianut masyarakat saat beraktivitas di media sosial dan perhatikan pula etika dalam bermedia sosial. Selain menjaga citra perusahaan Anda, upaya mengembangkan networking juga sangat penting dalam business branding.

Sumber gambar : https://www.rocksdigital.com/social-media-branding/

Share this info