Cara Ampuh Mengawasi Perkembangan dan Pergaulan Anak

Teknologi yang berkembang di era revolusi digital ini membuat Anda sebagai orang tua harus lebih waspada dan memperhatikan anak agar tidak terjadi salah pergaulan. Bagaimana tidak? Informasi apa pun kini bisa diakses dengan mudah dan cepat berkat teknologi pencarian informasi yaitu internet. Meski demikian, jangan sampai anak kesayangan Anda terkontaminasi oleh pengaruh buruk atau meniru kebiasaan jelek dari berita-berita maupun postingan sosial media yang dinilai kurang berfaedah. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyaring informasi yang mereka serap dari internet. Tidak jarang pula media komunikasi yang menyampaikan berita tentang maraknya penculikan anak, kekerasan antar pelajar hingga pelecehan seksual anak dan pedofilia. Hal-hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya pengawasan anak oleh orang tua dan pihak sekolah.

Tanggung jawab mengawasi anak bukan sepenuhnya dilakukan oleh sekolah saja, orang tua pun wajib ikut andil mengawasi buah hatinya. Tentu Anda mengenal istilah anak merupakan cerminan dari orang tuanya. Segala tindak tanduk dan perkataan Anda akan membentuk kepribadiannya. Jika anak kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari keluarganya, maka anak akan merasa malas atau enggan berbicara dari hati ke hati dengan orang tua. Meski Anda memiliki pekerjaan yang menyibukkan, sempatkanlah waktu untuk berbicara dengan anak dan memberi motivasi demi masa depannya kelak. Ajaklah anak untuk terlibat dalam suatu diskusi keluarga agar pola pikir dan wawasannya menjadi luas mengenai dunia luar seperti bagaimana berhadapan dengan orang asing, jangan mudah percaya dan mau diajak pergi dengan orang tak dikenal, cara menghindari orang yang mencurigakan, dan cara menjaga diri bila ada orang mencurigakan yang akan melakukan pelecehan seksual.

Kerja sama antara orang tua dan pihak sekolah pun harus terjalin erat agar anak bisa terhindar dari lingkungan dan kegiatan negatif. Akan lebih baik lagi bila Anda mampu menanamkan pemahaman agama yang baik pada diri si anak agar bisa terhindar dari hal negatif serta tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan pergaulan yang buruk. Agar komunikasi antara pihak sekolah, guru, dan orang tua bisa berkesinambungan, kini Anda dapat menggunakan layanan KitaSchool dari Kana Secure yang merupakan layanan absensi sekolah online. Tidak hanya sekedar dimanfaatkan untuk sistem absensi, KitaSchool juga dapat menjadi perantara komunikasi yang cepat, efektif, dan efisien sehingga orang tua dapat memantau kegiatan anak di sekolah dengan adanya fitur SMS Gateway dan Broadcast Facebook.

Sumber gambar : netsentron.com

Share this info