Cara Merawat DVR Tetap Awet dan Tahan Lama

DVR merupakan salah satu komponen CCTV yang sangat penting. DVR (Digital Video Recorder) berfungsi untuk menyimpan seluruh hasil rekaman setiap unit CCTV. DVR kini telah berevolusi menjadi perangkat yang kaya fitur dan memberikan layanan melebihi fitur perekam biasa. DVR mampu menyimpan rekaman CCTV berkualitas tingi secara terus menerus selama beberapa hari sampai beberapa bulan tergantung pada ukuran hardisknya. Akan tetapi, bagaimana jika DVR Anda mengalami kerusakan yang diakibatkan kurangnya perawatan? Berikut ini tips mudah merawat DVR agar tidak mudah rusak.


Tempatkan DVR dengan benar

DVR sebaiknya diletakkan di ruangan yang luas serta mempunyai ventilasi yang baik. Akan lebih baik lagi jika DVR diletakkan di ruangan yang ber-AC. Apabila DVR ditempatkan di luar ruangan, maka pastikan Anda mampu membersihkan DVR agar berfungsi dengan baik. Periksalah bagian DVR secara rutin dan bersihkan mainboard dari debu/kotoran. Jika perlu, gunakan kompresor udara untuk membersihkannya.


Update firmware dan optimalkan konfigurasi video

Sebelum menggunakan DVR dalam jangka waktu lama, periksalah kembali konfigurasi video CCTV, meliputi resolusi gambar, kualitas gambar, dan kerapatan gambar. Sesuaikanlah konfigurasi tersebut dengan keperluan Anda guna memaksimalkan hasil rekaman CCTV. Untuk meng-update firmware terbaru, Anda bisa mengunjungi website vendor CCTV dan showroom terdekat. Dengan menggunakan firmware terbaru, kinerja DVR dalam menyimpan rekaman CCTV menjadi lebih optimal.


Cek jangka waktu rekaman CCTV

Anda sebaiknya memeriksa jangka waktu rekaman CCTV yang disimpan dalam DVR secara berkala. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kejadian hilangnya data rekaman. Terlebih lagi saat Anda membutuhkan rekaman tersebut secara tiba-tiba untuk melihat kejadian penting dalam rekaman CCTV tersebut.


Cek pengaturan keamanan DVR

Pastikan alamat IP DVR Anda tidak diketahui secara umum saat DVR tersambung dengan jaringan internet. Jika perlu, gunakan password pada DVR dan yang paling penting adalah pastikan hanya ada sedikit orang yang bertanggung jawab secara penuh terhadap pengoperasian DVR untuk menghindari adanya tindakan manipulasi atau penggunaan yang tidak semestinya.


DVR dapat diakses dimana saja, baik melalui monitor maupun smartphone. Kana menawarkan DVR berteknologi terbaik yang mampu menampilkan gambar dan video CCTV dengan sangat jelas serta berkualitas. Kana memiliki XVR, yaitu sebuah DVR baru dengan mengusung teknologi penta-brid yang mampu menyimpan rekaman video dari 5 tipe kamera CCTV (CCTV analog, AHD, CVI, TVI, dan IP Camera). Untuk melihat berbagai DVR dengan harga dan varian tipe yang beragam, kunjungi laman produk kami di XVR6004D, XVR6008D, dan XVR6116D.

Share this info