CCTV Footage, Alat Bukti 'Kekinian' untuk Menindak Tegas Kriminalitas


Kejahatan yang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja membuat kita semua harus selalu waspada dan ekstra hati-hati. Namun meski sudah sangat berhati-hati terkadang kita bisa saja tetap menjadi korban kejahatan. Dalam hal ini ada dua tindakan yang harus dilakukan terkait kondisi kriminalitas yang semakin meningkat. Tindakan pertama tentu saja adalah pencegahan, seperti melengkapi diri dengan berbagai alat keamanan pribadi, tidak tampil berlebihan di tempat umum, atau bisa juga dengan membekali diri dengan keterampilan bela diri. Sedangkan tindakan kedua dilakukan jika terlanjur menjadi korban kejahatan, yakni dengan memberikan hukuman pada pelaku agar mendapat efek jera. Dalam kaitannya dengan tindakan kedua ini tentu diperlukan bukti yang menguatkan pemberian hukuman pada pelaku.

Sudah sejak lama saksi hidup dijadikan bukti paling kuat untuk menjerat pelaku tindak kriminalitas dengan hukuman. Namun, masalah 'saksi palsu' seringkali menjadi batasan terciptanya penegakan hukum yang holistik. Mengingat efektivitas saksi yang masih memungkinkan untuk diragukan kebenarannya, maka kini alat bukti bergeser pada pemanfaatan salah satu produk kemajuan teknologi, yaitu CCTV footage atau rekaman CCTV. Sebuah kejadian yang terekam nyata melalui CCTV tentu tak dapat dielak kebenarannya, sehingga menjadi alat bukti 'kekinian' yang paling efektif.

Berikut beberapa pemanfaatan CCTV footage sebagai alat bukti untuk pengambilan tindakan tegas berbagai pelanggaran:

1. Berbagai Kasus Kriminalitas di Banyak Tempat

pencurian, pembunuhan, kejahatan seksual dan berbagai tindak kriminal lain yang bisa terjadi dimana saja seringkali menjadi sebuah misteri yang baru bisa terungkap dengan adanya CCTV footage. Bahkan tindakan kriminal seringkali terjadi di tempat-tempat yang tidak terduga, tempat yang dianggap aman, misalnya saja di dalam rumah seperti kasus asisten rumah tangga yang mencuri barang milik majikannya, baby sitter yang menganiaya anak majikan dan masih banyak lagi. Itulah mengapa pemasangan CCTV di rumah kini juga menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Memberi kepercayaan pada orang lain tidak bisa sembarangan, awasi gerak gerik yang mencurigakan dengan CCTV, gunakan rekaman CCTV sebagai alat bukti jika telah terjadi tindak kriminalitas.

2. Pendisiplinan Karyawan di Tempat Kerja

Tampaknya tak hanya penjahat yang bisa melakukan tindakan kriminalitas, bahkan karyawan pun juga bisa melakukan berbagai tindakan yang melanggar aturan di tempat kerja yang tidak diawali niat namun karena adanya kesempatan. Selain itu, tindakan indisipliner juga kerap dilakukan karyawan yang memang memiliki etos kerja yang kurang baik dalam diri mereka. Semua perilaku karyawan yang meunjukkan kejahatan dan ketidakdisiplinan ini butuh ditindak tegas dengan memberikan peringatan atau konsekuensi hukuman berdasarkan bukti kuat dari rekaman CCTV. (baca juga : Pantau Kinerja Karyawan Lebih Efektif dengan CCTV)

3. Tilang On The Spot Berbasis CCTV

Jika di luar negeri sudah banyak diterapkan sistem tilang on the spot berbasis CCTV, maka di negara Indonesia hal ini menjadi hal baru yang mulai diterapkan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan dalam tahapan pengkajian di Yogyakarta dan Makassar. Dengan sistem tilang on the spot by CCTV ini pemerintah kota dan pihak kepolisian bisa bersinergi untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas serta menekan angka kejahatan di jalan. Dalam hal pendisiplinan masyarakat berlalu lintas, sistem ini memungkinkan petugas yang berwajib untuk dapat langsung menindak pelanggaran lalu lintas secara real time dengan bukti capture rekaman CCTV.

Setiap tindakan harus bisa dipertanggung jawabkan, apalagi tindakan kriminalitas yang harus disikapi dengan tegas melalui pemberian efek jera berupa hukuman yang sesuai dengan kebijakan yang berlaku di sebuah kawasan. CCTV footage bisa menjadi alat bukti untuk menindak tegas berbagai tindakan kriminalitas yang efektif sehingga dapat mendukung terciptanya suasana yang kondusif di tengah kehidupan masyarakat.

Share this info