Era New Normal: Keamanan Toko, Pemukiman dan Pabrik Jadi Tanggung Jawab Siapa?


Situasi Pandemi Covid-19 ini memang menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi aspek kehidupan. Setelah sekian lama masyarakat dipenjara dengan kebijakan karantina, pembatasan hingga perekonomian yang membeku, nampaknya belum menghasilkan solusi yang tepat. Bahkan, kebijakan pemerintah yang akhirnya memilih diaplikasikannya new normal atau tatanan hidup baru ini juga masih perlu dikaji ulang.


Salah satu kebijakan di era new normal ini adalah pemberlakuan jam malam untuk membatasi persebaran Covid-19. Namun faktanya, jalanan yang sepi, pemukiman yang mendadak hening justru memunculkan masalah baru. Yakni, kriminalitas dari oknum-oknum tak bertanggung jawab. Lalu, keamanan di berbagai sektor (toko, pemukiman, pabrik, hingga perkantoran) ini menjadi tanggung jawab siapa?

 

Berdasar Infografis yang diolah dari data Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia menunjukkan, peningkatan tindak kriminalitas di masa pembatasan besar berskala besar (PSBB) hingga new normal yang diberlakukan hingga Mei 2020 mengalami peningkatan sebanyak 19,72% kasus kriminalitas.

 

Berbagai upaya sudah dilakukan, seperti: pemberlakuan jaga bergilir, hingga penutupan portal jalan. Namun, aksi kejahatan masih terus bisa dilakukan. Parahnya, ketika kasus terjadi tidak ada bukti kongkrit untuk dilaporkan dan ditelusuri.

 

Lantas hal ini jadi tanggung jawab siapa?
Selain keterlibatan sumber daya manusia (SDM) dibutuhkan teknologi penunjang untuk membantu pencegahan tindak kriminalitas ini.

Solusinya adalah penggunaan smart alarm seperti Kanasecure W20. Kanasecure W20 merupakan smart alarm untuk memantau keamanan toko, rumah, kantor bahkan pabrik dengan penggunaan yang mudah. Berikut keunggulan Smart Alarm Kanasecure W20:

1.   Pantau keamanan dari ponsel. Anda bisa dengan mudah memantau kondisi toko, rumah, kantor mau pun pabrik melalui ponsel yang terhubung dengan smart alarm Kanasecure W20 ini. Aplikasinya pun dapat diunduh baik di Andorid maupun iOS.

2.     Kontrol smart alarm dari ponsel. Menariknya, Anda dapat mengatur atau mengontrol smart alarm ini dari ponsel. Anda dapat mengaktifkan (on) atau mematikan (off) alarm hanya dari ponsel.

3.     Tersedia berbagai sensor. Jangan khawatir ada kejadian berbahaya yang terlewat dengan smart alaram Kanasecure W20 ini! Sebab, smart alarm ini mendukung banyak sensor, seperti: sensor kebakaran, pencuri, kebocoran gas, air meluber, hingga banjir, bisa langsung terdeteksi dan disampaikan melalui notifikiasi di ponsel Anda.

4.   Multi koneksi WiFi, GPRS, dan GSM. Beragam pilihan koneksi ini memudahkan Anda menerima notifikasi melalui aplikasi maupun SMS. Sehingga, ponsel dapat terus memantau kondisi rumah, kantor, toko hingga pabrik kapan pun dan di mana pun.

5.     Keamanan tinggi. Bagaimana bila pencuri atau orang tak bertanggung jawab melepas Smart Alarm Anda tanpa izin? Tenang saja! Akan ada notifikasi alarm yang terkirim ke ponsel Anda jika smart alarm ini dilepas. Sehingga, Anda bisa segera melakukan tindakan penyelamatan lebih cepat.

6.   Terhubung dengan sirene eksternal. Bila ingin meningkatkan keamanan, maka smart alarm ini bisa dihubungkan dengan sirene eksternal. Sehingga, ketika ada peringatan atau kejadian berbahaya, maka jangkauan informasi akan lebih luas dijangkau oleh orang sekitar.

 

Jadi, tindak kriminalitas ini bukan menjadi tanggung jawab siapa? Namun, menjadi hal yang perlu kita persiapkan dan waspadai bersama. Memberdayakan sumber daya manusia (SDM) dan ditunjang dengan teknologi yang tepat adalah solusi terbaik untuk menjaga kemanan bersama di masa pandemi ini. 

Share this info