Ingin Cepat Dapat Kerja? Kenali 4 Tipe Pewawancara Ini

Salah satu langkah yang harus ditempuh untuk bisa sukses mendapatkan pekerjaan impian adalah menunjukkan kemampuan atau kapabilitas saat mengikuti proses wawancara kerja. Calon karyawan akan bertemu dengan beberapa perwakilan perusahaan yang akan memberikan serangkaian tes dan mencocokkan profil kandidat dengan kriteria yang mereka butuhkan. Proses wawancara kerja bisa menjadi momok yang sangat mengerikan bagi sebagian orang. Namun, hal ini dapat dilewati lebih mudah dengan persiapan yang tepat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenali beberapa tipe pewawancara yang akan Anda hadapi nantinya.


Dilansir dari laman pencarian kerja Recruiter.com, berikut ini adalah tipe pewawancara yang akan dihadapi para pelamar kerja.


1. Agensi perekrutan

Beberapa perusahaan ada yang masih menggunakan jasa agensi perekrutan dalam memilih kandidat yang cocok dengan kebutuhan perusahaan. Kunci untuk mencuri hati pihak agensi ini adalah dengan menunjukkan soft skill Anda. Beberapa sifat seperti mampu berkolaborasi, bekerja sama dalam tim, kegigihan, dan kemampuan komunikasi yang baik merupakan nilai positif yang dapat membuat Anda menjadi kandidat unggulan. Agensi perekrutan juga lebih percaya bahwa soft skill, kepribadian, dan kecerdasan emosional lebih penting dibandingkan kemampuan teknis dan pengetahuan yang pelamar miliki.


2. HRD

Tipe pewawancara kedua yang akan Anda temui adalah pihak HRD. Saat berhadapan dengan HRD, sebaiknya Anda dapat menunjukkan kapabilitas yang nantinya berguna saat bekerja. Pihak HRD cenderung memilih kandidat yang memiliki kemampuan atau hard skill dan mampu menunjukkan etos kerja yang diinginkan perusahaan.


3. Atasan langsung

Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk bertemu orang yang akan menjadi atasan langsung Anda saat sudah diterima bekerja di perusahaan tersebut. Atasan langsung lebih menyukai kandidat yang bisa berbaur dan beradaptasi dengan budaya kerja yang ada dalam timnya. Bukan hanya kemampuan, mereka akan lebih mengamati kepribadian dan pengalaman Anda sebagai pelamar kerja.


4. Level eksekutif

Menurut survei yang dilakukan Careerbuilder, 38% pelamar akan mendapat kesempatan wawancara dengan bos level eksekutif, seperti CEO, COO, dan CFO. Dalam buku The Corner Office karya Adam Bryant, ada tiga hal yang bos eksekutif lihat dari calon karyawannya. Ketiga sifat yang dilirik bos eksekutif itu antara lain semangat untuk bangkit dari keterpurukan, keberanian mengambil risiko, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim. Pastikan Anda dapat menunjukkan tiga sifat tersebut untuk meraih pekerjaan impian Anda.


Demikian ulasan mengenai 4 tipe pewawancara yang akan dihadapi para pelamar kerja. Anda dapat menyimak tips dan berita terbaru seputar mesin absensi dan personalia di sini. Segera kunjungi untuk mendapatkan penawaran menarik dari Kana setiap bulannya. Ikuti pula media sosial YouTube, Facebook, Instagram, dan Twitter untuk dapatkan informasi lebih lengkap dan up to date seputar berita dan Kana.

 

Sumber gambar : http://www.careerbuilder.ca/blog/2015/03/09/tips-for-good-interview-follow-up-etiquette/

Share this info