Ingin Rumah Aman dari Pencuri? Ikuti 5 Tips Ini!

Hampir semua orang merasa cemas saat akan meninggalkan rumah untuk waktu yang lumayan lama karena takut ada pencuri yang masuk ke dalam rumah. Kecemasan ini biasanya semakin menjadi bila memasuki libur panjang seperti musim mudik lebaran. Memang hal ini harus menjadi perhatian utama agar harta berharga di dalam rumah tetap aman dan tidak raib dibawa oleh pencuri ulung. Oleh karena itu sebaiknya Anda ikuti tips di bawah ini agar pencuri kesulitan membobol rumah.

1.      Bersihkan rumah dan kosongkan tempat sampah

Sebelum meninggalkan rumah sebaiknya bersihkan rumah, buang sampah pada tempatnya, kemudian tutup saluran pembuangan agar terlihat bersih serta menghindari bau tidak sedap. Rumah yang terlihat ada sampah menumpuk akan membuat pencuri berpikir kalau rumah sedang kosong alias tidak ada penghuninya.

2.      Kunci semua pintu dan jendela

Jangan lupa mengunci semua pintu dan jendela selagi Anda sekeluarga pergi mudik atau pergi dinas untuk waktu lebih dari 1 hari. Jika perlu pasang pengamanan rangkap pada pintu dan teralis pada jendela agar pencuri tidak mudah memecahkan kaca jendela. Yang terpenting jangan menaruh kunci rumah di bawah keset atau pot tanaman karena sangat berisiko dan membuat pencuri mudah masuk ke dalam rumah. Lebih baik menitipkan kunci rumah pada tetangga terdekat atau orang yang sudah dipercaya.

3.      Simpan barang berharga di tempat aman

Surat dan dokumen berharga seperti sertifikat tanah, ijazah pendidikan, piagam penghargaan, surat perjanjian dan sebagainya perlu disimpan di dalam map plastik kedap air di tempat yang aman. Yang dimaksud aman dalam hal ini tidak semata dari pencuri tapi juga dari air (kebocoran) maupun api (kebakaran). Jika Anda memiliki perhiasan dan emas, simpanlah di dalam safe deposit box atau brankas. Anda juga dapat memanfaatkan pihak lain seperti bank yang menyediakan jasa penyimpanan safe deposit box selama Anda bepergian.

4.      Kecoh pencuri

Anda bisa mengecoh seolah rumah tidak kosong dengan cara meletakkan beberapa pasang sandal/sepatu dengan posisi agak berantakan di teras, berhenti berlangganan koran agar tidak menumpuk di pagar rumah, memasang timer (pengatur waktu) pada lampu teras serta lampu halaman. Lampu yang terlihat menyala di siang hari menandakan tidak ada orang yang mematikan lampu karena rumah kosong.

5.      Pasang CCTV

Teknologi kamera CCTV juga ampuh membuat pencuri enggan masuk ke dalam rumah. Mereka pastinya tidak ingin kegiatannya diketahui semua orang melalui rekaman CCTV yang pada akhirnya tertangkap oleh polisi. Tak perlu khawatir dengan harga karena kamera CCTV dari Kana Secure menawarkan harga terjangkau namun tetap berkualitas. Anda juga dapat memantau hasil rekaman CCTV melalui laptop atau smartphone asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Dengan demikian, Anda bisa lebih sigap memberi tahu tetangga atau ketua RT/RW jika memang ada pencuri yang masuk ke rumah.   

Sumber gambar : dawn.com

Share this info