Ini Perbandingan Omnidirectional dan Handled Barcode Scanner


Seperti yang kita ketahui, bahwasanya barcode scanner merupakan alat bantu usaha yang paling efisien. Dengan harga yang terjangkau dan manfaat yang banyak, membuat barcode scannerr menjadi benda penting dalam akurasi pendataan dan pembaruan kuantitas produk. Namun, ada banyak jenis atau tipe dari barcode scanner ini sendiri. Salah satu yang kerap menjadi bimbang adalah, lebih baik mana antara Omniderectional Barcode Scanner atau Handled Barcode ScannerPada dasarnya, semua jenis atau tipe barcode scanner memiliki manfaat yang sama dalam memperlancar jalannya usaha Anda. Namun untuk mana yang lebih baik? Anda sendiri yang bisa menentukan sesuai kebutuhan.

Inilah perbandingan antara Omnidirectional dan Handled Barcode Scanner:

1. Deteksi barcode
Omniderectional barcode scanner mampu membaca barcode hingga 360?. Sehingga apabila pengguna meletakkan posisi barcode dari segala arah baik secara vertikal atau horizontal maka akan terbaca secara mudah. Hal ini tentu memudahkan Anda, bila melakukan transaksi atau pendataan yang membutuhkan waktu cepat dengan banyak barcode. Salah satunya, antrean panjang pada kasir, akan mempercepat tugas kasir dalam mendeteksi barcode dan membuat pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Handled barcode scanner dapat membaca barcode scanner dengan fokus pada posisi genggaman barcode scanner ke arah barcode. Mungkin secara arah atau cara deteksi barcode, jenis handled tidak se-fleksibel Omnidirectional, namun fokus dan deteksinya pada barcode yang tepat berada di area sensor, dapat membuat pembacaan data berlangsung lebih cepat dan konsisten.

2. Penggunaan berdasar kuantitas
Omniderectional barcode scanner umumnya digunakan untuk bisnis ritel dalam ukuran besar. Sebab, jenis barcode scanner ini dapat dengan mudah mendeteksi barcode barang secara cepat. Handled barcode scanner sangat sesuai digunakan untuk berbagai bisnis di skala kecil maupun menengah, seperti: ritel, pergudangan, maupun usaha lainnya. Hal ini dikarenakan penggunanya dapat leluasa mencatat kode barang secara praktis dan konsisten.

Bila 2 faktor di atas memiliki perbedaan fungsi dan manfaat untuk masing-masing barcode scanner, faktanya  ada persamaan diantara 2 tipe barcode scanner ini. Apa saja faktor yang memiliki fungsi dan manfaat yang sama dari 2 jenis barcode scanner ini?

1Mendukung berbagai tipe barcode
Kabar baiknya, omniderectional barcode scanner maupun handled barcode scanner dapat digunakan untuk membaca berbagai jenis barcode seperti barcode 1D, 2D (QR Code), dan PDF417. Salah satu contoh dari 2 barcode scanner yang saat ini banyak dicari adalah barcode scanner produk dari Kanasecure, yaitu:  Logic QR-80W (handled barcode scanner) dan OD-70QR (omnidirectional barcode scanner) kedua produk tersebut mampu membaca berbagai jenis barcode yang telah disebutkan.

2. Mendukung berbagai mode scan
Pada umumnya, barcode scanner memiliki 2 tipe mode scan, yaitu:
1. Trigger yang berfungsi untuk membaca barcode scanner dengan menekan tombol.
2. Continuous yang berfungsi untuk membaca barcode scanner tanpa harus menekan tombol. Sehingga dapat otomatis membaca kode barang. Umumnya omnidirectional scanner mendukung mode scan continuous, sehingga pengguna tidak perlu menekan tombol trigger. Sedangkan handled barcode scanner memiliki kedua mode scan tersebut.

Setelah mengetahui perbandingan dan juga manfaat dari kedua tipe barcode scanner ini , maka Anda tak perlu lagi pusing memilih barcode scanner yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada sales atau distributor yang melayani Anda. Pastikan barcode scanner yang Anda pilih paling sesuai, agar hasil dan manfaatnya jadi optimal. 

Share this info