Jarang Diketahui, Ternyata 5 Industri Ini Sangat Membutuhkan Barcode Scanner


Banyak yang mengira bahwa transaksi dengan bantuan barcode scanner hanya digunakan oleh beberapa usaha atau industri saja. Sebagian orang mengira, usaha yang cocok membutuhkan barcode scanner adalah usaha yang bergerak di bidang penjualan saja, seperti swalayan, toko, mini market dan usaha lain yang memiliki kasir.

Faktanya, bukan hanya swalayan dan usaha yang memiliki kasir saja yang butuh barcode scanner. Ternyata, ada industri di bidang lain yang membutuhkan barcode scanner untuk keberlangsungan usahanya.

Mengingat banyaknya manfaat barcode scanner yang bisa membantu menunjang jalannya sebuah bisnis.

Berikut ini, 5 industri yang ternyata membutuhkan barcode scanner dalam proses usahanya:

  1. Bidang Jasa Distribusi
    Bidang usaha satu ini terbilang sangat membutuhkan barcode scanner dalam keberlangsungan usahanya. Sebab, perusahaan yang bergerak di bidang jasa distribusi ini kebanyakan melakukan pemeriksaan (checking) barang masuk dan keluar. Proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus dilakukan secara teliti agar tidak terjadi selisih stok barang. Hal ini tidak akan terjadi, jika menggunakan barcode scanner. 

    Mengapa? 
    Karena proses pemeriksaan stok barang akan menjadi lebih cepat dan akurat.

    Biasanya, jenis barcode scanner yang digunakan untuk bidang usaha jasa distribusi ini adalah barcode wireless, yakni barcode scanner yang tidak menggunakan kabel dalam penggunaannya. Sehingga, bisa dibawa berpindah-pindah saat melakukan scanning produk/barang.
  1. Bidang Ekspedisi
    Kini laju usaha yang berhubungan dengan jasa pengiriman (ekspedisi) terbilang menjanjikan. Semakin tingginya animo masyarakat memanfaatkan jasa ekspedisi untuk usaha online mereka, maka bisa membuat semakin banyak pula stok barang untuk dikirim ekspedisi tersebut.

    Perlu Anda ketahui, usaha di bidang ini sudah memanfaatkan teknologi barcode scanner untuk mencatat setiap resi pengiriman. Sehingga, bagian pengiriman bisa dengan mudah melakukan pemeriksaan resi yang tertempel pada paket. 

    Jadi, teknologi barcode scanner sangat membantu dalam ketepatan dan akurasi pengiriman barang bukan?.
  1. Bidang Manufaktur
    Manufaktur merupakan bidang usaha yang mengoperasikan berbagai alat, teknologi, dan mesin untuk memproses bahan-bahan mentah menjadi barang yang memiliki nilai jual. 

    Barcode scanner akan menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan, karena banyak hubungannya dengan hal-hal yang detail dalam kegiatan operasional industri. Barcode scanner akan membantu proses data yang cepat dan tepat untuk stok barang, stok mesin, stok bahan dan detail lain yang dibutuhkan.
  1. Bidang Pergudangan
    Bidang usaha ini tentu saja akan bergantung dengan barcode scanner. Bayangkan saja, jika stok pada suatu pergudangan harus didata secara manual!

    Selain memakan banyak waktu, data yang dihasilkan pun bisa jadi tidak akurat. Maka dari itu, usaha di bidang pergudangan harus memanfaatkan teknologi barcode scanner untuk mempercepat laju usahanya.
  1. Bidang Penjualan Retail
    Bidang penjualan retail ini memang banyak dikenal dengan swalayan dan kasir di dalamnya. Tidak hanya itu, barcode scanner juga menjadi senjata utama yang kerap dilihat pelanggannya secara langsung sebagai alat pembantu transaksi penjualan. 

    Perlu diketahui, usaha di bidang ini melakukan pemeriksaan barang masuk dan keluar, dengan memanfaatkan barcode scanner. Sebab, proses pencatatan stok barang akan menjadi lebih cepat dan akurat, dibandingkan harus melakukannya secara manual.

Sebenarnya masih banyak industri lain yang menggunakan teknologi barcode scanner untuk memperlancar proses usahanya. Sebab teknologi barcode scanner tidak terbatas pada industri tertentu saja. Bahkan setiap bidang usaha apapun itu,  bisa memanfaatkan teknologi barcode scanner untuk mempermudah pencatatan materialnya. Tidak hanya itu, akurasi data yang dihasilkan dari barcode scanner, bisa menjadi pertimbangan bagi setiap perusahaan untuk menggunakannya.

Share this info