Kamera CCTV Dome vs Bullet, Mana yang Sesuai Kebutuhan Anda?


Menggunakan Closed Circuit Television (CCTV) saat ini sangat penting. Sebab, banyak oknum yang mungkin melakukan tindakan kriminalitas yang tidak diinginkan dan tidak terduga. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih CCTV, diantaranya jenis CCTV, jenis DVR, hingga tipe kamera CCTV.

Kali ini, Kanasecure akan membantu Anda menentukan tipe kamera CCTV mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tipe kamera CCTV yang Anda pilih, akan menentukan optimalisasi fungsi dari CCTV itu sendiri. Terdapat dua jenis atau tipe kamera CCTV yang banyak dijual di pasaran, yakni: Dome CCTV dan Bullet CCTV. Dome CCTV merupakan kamera CCTV tipe Dome (kubah) yang bentuknya seperti kubah dengan model yang lebih modis dan mudah berbaur dengan lingkungan. Sedangkan tipe kamera Bullet ini memiliki bentuk bulat yang memanjang.

Berikut ini, perbandingan Dome CCTV dan Bullet CCTV yang perlu Anda ketahui untuk menyesuaikan kebutuhan:

  1. Lokasi pemasangan
    Dome CCTV merupakan jenis kamera yang sesuai untuk pemasangan area di dalam ruangan (indoor). Sebab, bentuk kamera dome CCTV yang terlihat secara kasat mata dan fokus dengan 1 area.
    Bullet CCTV merupakan jenis kamera yang sesuai untuk diletakkan di area luar ruangan (outdoor) dikarenakan jenisnya yang tahan air.

  2. Fitur PTZ
    Fitur PTZ merupakan fitur Pan-Tilt-Zoom (PTZ) yang terdiri dari Pan (bergerak dari kanan ke kiri), Tilt (bergerak naik turun), Zoom yang terdapat di kamera CCTV.
    Dome CCTV memiliki fitur pan, tilt, dan zoom, sehingga dapat merekam di area dengan jangkauan lebih luas (tidak terpacu di satu area saja).
    Bullet CCTV tidak memiliki fitur pan, tilt, dan zoom dikarenakan hanya fokus di satu area saja (area tetap).

  3. Jangkauan Kamera
    Kedua tipe kamera CCTV ini memiliki jangkauan kamera yang berbeda.
    Dome CCTV memiliki jangkauan kamera yang kurang sesuai untuk merekam jarak jauh.
    Bullet CCTV memiliki jangkauan kamera yang sangat tepat untuk merekam jarak jauh.

  4. Cahaya
    Kedua kamera CCTV ini mampu merekam dalam keadaan yang minim cahaya sehingga dapat digunakan untuk memantau dalam kondisi gelap. Untuk kebutuhan satu ini, Dome CCTV atau Bullet CCTV memiliki kemampuan yang sama.

Dari 4 faktor di atas, Anda bisa menentukan pilihan CCTV sesuai kebutuhan Anda. Dome CCTV maupun Bullet CCTV memiliki keunggulan dan fungsi masing-masing. Andalah yang mengetahui kebutuhan dan budget yang dianggarkan untuk memiliki CCTV.

Bagaimanapun, memilih CCTV terbaik adalah cara paling tepat untuk mengoptimalkan fungsinya sebagai penunjang keamanan. Anda juga bisa membandingkan Dome CCTV dengan Bullet CCTV sesuai dengan budget yang disediakan. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan distributor atau penyedia CCTV yang Anda tuju.

Share this info