Kesehatan Terjaga, Performa Kerja Prima

Kesehatan adalah keadaan yang diinginkan dan dicari oleh semua orang. Bagi sebagian orang, kondisi sehat sering diartikan sebagai suatu keadaan saat tubuh tidak merasakan sakit dan tidak terluka sehingga dapat menjalankan kegiatan sehari-hari. Arti dari sehat sesungguhnya adalah suatu keadaan kondisi fisik, mental, dan kesejahteraan sosial yang merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan saja. Bagi karyawan yang sering menyibukkan diri di kantor, terkadang membuat mereka melupakan arti pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini akan memberikan efek yang kurang baik berupa penurunan status kesehatan yang berdampak pada penurunan performa kinerja karyawan. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan diulas beberapa tips untuk menjaga tubuh agar tetap sehat meskipun disibukkan oleh berbagai kegiatan di kantor.

1. Air putih 2 liter sehari

Dikutip dari jurnal penelitian Universitas Sumatera Utara yang menyatakan bahwa manusia memerlukan 2 liter cairan per hari (setara dengan 8 gelas per hari) untuk tetap menjaga homeostasis (status keseimbangan tubuh). Biasakanlah dengan kebiasaan minum air putih untuk menjaga agar Anda tidak mudah kehilangan konsentrasi, terhindar dari dehidrasi dan infeksi, serta menjaga tubuh agar tidak mudah sakit.

2. Posisikan tubuh dengan benar dan hindari kebiasaan kurang gerak

Dalam kegiatan sehari-hari, tanpa kita sadari banyak berbagai posisi tubuh yang masih kurang tepat seperti saat mengangkat beban dari lantai dan posisi duduk saat bekerja. Mengangkat beban dari lantai seharusnya tubuh diposisikan jongkok terlebih dahulu baru mengangkat beban, sehingga beban tidak langsung ditumpu oleh tulang belakang. Posisi duduk yang benar adalah posisi duduk tegak atau sigap sehingga tulang belakang Anda akan tetap pada posisi anatomis tubuh. Selain itu, kaki juga harus membentuk sudut 90º dan diberi bantalan atau penyangga pada telapak kaki, sehingga hal ini menghindarkan Anda dari ketegangan otot. Menurut pakar kesehatan, orang yang duduk selama 8 jam sehari harus melakukan olahraga setidaknya selama 1 jam sehari untuk menawar dampak buruk berupa sakit jantung, stroke, kanker, diabetes, dan pikun.

3. Istirahat dan berolahraga yang cukup

Luangkan waktu untuk rekreasi dan bersenang-senang agar pikiran Anda bisa segar dan jernih kembali. Manfaat maksimal untuk kesehatan fisik akan dirasakan dengan olahraga secara teratur selama 30 menit. Riset dalam jurnal Scandinavian Journal of Public Health menyatakan bahwa olahraga rutin setiap hari selama 30 menit dapat mengurangi berat badan tiga kali lebih efektif daripada olahraga yang lama namun kurang rutin pelaksanaannya.

4. Hindari rokok

Asap rokok dan polusi kendaraan di perkotaan menyimpan zat radikal bebas yang mengancam tubuh manusia. Radikal bebas yang selalu menumpuk di tubuh manusia akan memberikan dampak yang negatif berupa sindrom gangguan pernapasan, artritis, penyakit iskemia seperti stroke dan sakit jantung, tekanan darah tinggi, preeklamsia, alzheimer, dan berkontribusi terhadap timbulnya kanker. 

5. Cuci tangan 

Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir adalah metode cuci tangan yang paling tepat. Ada 5 momen penting cuci tangan yaitu sebelum dan sesudah makan, menyiapkan bahan makanan, buang air besar atau kecil, setelah bersin dan batuk, menyentuh sampah, memegang benda umum seperti uang, pegangan pintu, tombol lift, dan benda lain yang sering dipegang orang banyak. 

6. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang 

Makanan bergizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati” adalah pepatah yang tepat untuk memotivasi diri Anda agar tetap menjaga kesehatan dengan berbagai kesibukkan. Karyawan yang baik senantiasa dapat menjaga keutuhan dirinya agar tetap memberikan performa kinerjanya yang terbaik tanpa merugikan perusahaan. Kesehatan adalah hal nomor satu, tanpa kesehatan maka aktivitas sehari-hari akan terhambat.

Share this info