Manfaat Stock Opname Bagi Industri dan Ritel

Stock opname biasanya dilakukan oleh perusahaan di bidang industri dan ritel. Kegunaan stock opname adalah untuk menghitung secara fisik persediaan di gudang yang selanjutnya dibandingkan dengan laporan pemasukan dan pengeluaran barang. Selain itu, dengan adanya kegiatan penghitungan barang ini bisa membantu perusahaan dalam menghitung laporan laba-rugi perusahaan. Perusahaan juga bisa mengetahui barang apa saja yang masih tersisa atau sudah terjual. Jika ada perbedaan jumlah persediaan barang di gudang dengan yang ada di catatan, maka harus dicek ulang untuk mencari tahu apakah ada transaksi yang belum tercatat di laporan atau terjadi kecurangan saat mengolah data persediaan. Dengan demikian, persediaan stok barang bisa terkontrol dan akurat sesuai dengan laporan.

Manfaat lainnya bagi perusahaan industri maupun ritel adalah bisa mengetahui kondisi riil barang persediaan yang ada di gudang. Contohnya, di bidang ritel yang menjual berbagai makanan instan terdapat stok yang sudah kadaluwarsa alias tidak layak dikonsumsi. Kemudian, bila ada barang yang keadaannya sudah rusak atau hilang bisa langsung teridentifikasi. Stock opname ini tidak hanya untuk perusahaan besar saja, namun juga bisa diaplikasikan di toko kelontong atau UKM (Usaha Kecil dan Menengah) lainnya.

Kegiatan stock opname ini bisa dilakukan setiap tahun, setiap 3 bulan sekali atau setiap akhir bulan, tergantung kebijakan perusahaan. Memang sebaiknya harus dilakukan secara rutin untuk mengurangi risiko selisih stok yang bisa merugikan perusahaan. Namun, banyaknya stok barang yang harus dihitung membuat proses penghitungan stok menjadi lebih lama dan kurang akurat. Tapi, sekarang zamannya serba teknologi jadi proses stock opname bisa terbantu dengan adanya barcode. Barcode atau kode batang ini menjadi solusi paling efektif dan efisien. Pencatatan barang masuk dan barang keluar lebih mudah dan akurat karena barang persediaan yang ditempelkan barcode. Setelah barcode di-scan, data tentang barang itu otomatis masuk ke dalam komputer dan bisa diolah lagi menjadi laporan yang lebih lengkap. Pemilihan barcode scanner juga menentukan lancarnya proses stock opname, jadi pilihlah barcode scanner dari Kana Secure yang sudah pasti terjamin kualitasnya serta awet digunakan selama bertahun-tahun.

 

Sumber gambar : coretankecil.com

Share this info