Masa Kini & Masa Depan Franchise, Prospeknya Masih Cerah Loh




Sedang menimbang untuk menekuni usaha waralaba atau franchise? Jika melihat prospeknya, ternyata bisnis yang kian menggurita ini semakin tumbuh subur di Indonesia. Bahkan di masa pandemi, meski tidak sedikit gerai yang akhirnya tutup, namun hal ini berbanding terbalik dengan begitu tingginya para pelaku usaha yang lebih memilih untuk membuka gerai waralabanya meski masih dalam suasana pandemi.

Menurut Susanti Widjaya, Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) sekaligus ketua Pengembangan Resto Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), usaha waralaba pada 2021 masih terus cerah, bahkan lebih berkembang. Hal ini tak lain dipicu dengan adanya vaksin Covid-19 yang membuat para pelaku usaha merasa lebih percaya diri, aman dan nyaman dalam beraktivitas, sehingga memberikan pengaruh pada percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, kini juga semakin banyak calon pengusaha baru yang lahir akibat maraknya penutupan usaha dan banyaknya karyawan yang di-PHK.

Cerahnya prospek usaha waralaba atau franchise di masa kini dan masa depan nampaknya juga diperkuat dengan sejumlah data lain. Antara lain, adanya data dari International Franchise Attractiveness dari University of New Hampshire Amerika Serikat, yang menunjukkan bahwa Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai 267 juta jiwa ternyata menyimpan daya tarik potensi pasar dunia di peringkat ke-5 dari total 131 negara. Sedangkan dalam dunia waralaba atau frabchise sendiri, Indonesia menempati peringkat sepertiga teratas dengan peluang dan daya tarik bisnis waralaba yang cukup menjanjikan.


KEUNGGULAN BISNIS FRANCHISE

Apa sih yang membuat pesona bisnis waralaba atau franchise ini kian memukau masyarakat Indonesia? Ternyata hal ini dikarenakan adanya sejumlah keunggulan khas yang dimilkinya, antara lain:

  1. Memiliki Peluang Cukup Besar.
    Sebagaimana data bisnis franchise dunia yang menunjukkan tingginya tingkat daya tarik waralaba di Indonesia, maka jelas bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar. Jenis bisnis yang satu ini nyatanya disambut baik oleh masyarakat Indonesia karena dirasakan sesuai dengan kebutuhan bahkan menjadi solusi kebutuhan sehari-hari.

  2. Membantu Ekspansi Bisnis.
    Donny Pramono le, CEO & Founder Sour Sally Group, menyampaikan bahwa bisnis franchise selain memiliki peluang cukup besar, juga dapat membantu ekspansi bisnis, serta menjangkau lebih banyak konsumen dengan waktu yang relatif singkat.

  3. Minim Kebutuhan Modal, Risiko dan Investasi SDM.
    Pemilik usaha franchise dapat membangun jaringan bisnis dalam waktu yang relatif singkat namun dengan modal, risiko dan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) atau karyawan yang minim.

  4. Mudah dan Sederhana.
    Susanti Widjaya, Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) sekaligus ketua Pengembangan Resto Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), juga berpendapat bahwa bagi pengusaha pemula yang ingin membuka bisnis waralaba atau franchise tidak perlu pusing memikirkan banyak hal. Cukup ikuti sistem dan prosedur yang ada di SOP.

PERSIAPAN SEBELUM MEMULAI BISNIS FRANCHISE

Dengan kecerahan prospekya yang kian memukau ditambah sejumlah keunggulannya, mungkin sekarang semakin memantabkanmu untuk menjalani bisnis waralaba atau franchise ya. Perhatikan dulu beberapa hal mendasar berikut sebagai persiapan sebelum memulai bisnis waralaba atau franchise agar cepat mendulang untung dari bisnis yang semakin populer ini:

  • Kenali peluang waralaba yang ada di sekitarmu. Cari tahu pasar apa yang sedang meningkat, serta seberapa ketat tingkat persaingannya.
  • Hitung modal yang dibutuhkan untuk melakukan kerjasama dengan pihak penyedia jenis usaha waralaba yang dituju. Pastikan menanyakan besarnya biaya kerjasama dengan data tertulis. Jangan lupa lakukan pembukuan terpisah antara keuangan bisnis dengan pribadi untuk menghindarkan masalah finansial bisnis di kemudian hari.
  • Tanyakan pada pihak penyedia jenis usaha waralaba yang dituju terkait apa saja yang mereka sediakan, dan apa saja yang tidak mereka sediakan namun kamu butuhkan.
  • Selalu update informasi tentang jenis usaha waralaba yang tengah melakukan kerjasama denganmu. Dengah demikian, perhitungan keuntungan bisa lebih mudah didapakan.
  • Pilih lokasi terbaik dan strategis untuk membuka usahan waralabamu. Sebaiknya diawali dengan survey di beberapa lokasi. Jika bisa dilakukan di area rumah, dan dirasa ada pangsa pasar di situ, maka hal ini akan jauh lebih baik karena dapat menambah nilai efisiensi.
  • Gunakan alat dan sistem pendukung untuk kelancaran usaha. Misalnya saja dalam hal pembayaran. Permudah transaksi dengan menambahkan metode pembayaran digital disamping pembayaran cash lewat beragam platform e-wallet yang saat ini semakin banyak digunakan masyarakat. Gunakan pula mesin kasir elektronik ¬†yang dapat membantu proses transaksi lebih lancar. Seperti mesin kasir elektronik Kanalogic KCR-181SW yang tak hanya membantu memperlancar transaksi, namun juga mempermudah kontrol stok produk yang dijual hingga laporan yang bisa diakses secara mudah, tepat dan cepat, bahkan hanya dengan menggunakan ponsel.
  • Bangun pengelolaan sistem waralaba atau franchise yang sederhana namun konsisten. Karena sistem waralaba membutuhkan standar kualitas produk beserta layanan yang sama di setiap gerai meski dikelola oleh orang-orang yang berbeda.

Sudah banyak yang mendulang untung dan kesuksesan dari bisnis waralaba atau franchise. Bekali diri dengan banyak pengetahuan, terus asah kemampuan, jujur, sabar dan pantang menyerah adalah kunci keberhasilan para pelaku bisnis franchise di dunia usaha yang begitu kompetitif ini.

Share this info