Mau Buka Bisnis Kuliner Langsung Laris dan Untung? Begini Tipsnya



Ingin membuka bisnis tapi tidak tahu bagaimana cara memulainya? Coba pikirkan dulu kira-kira bisnis apa yang ingin ditekuni. Hasil riset dan pendapat para ahli bisa juga dijadikan rujukan. Nah, dari berbagai sumber riset yang telah dilakukan oleh banyak negara termasuk Indonesia, ternyata bisnis food & beverages (F&B) atau usaha kuliner alias makanan dan minuman kini menjadi salah satu bisnis yang memiliki keunikan dalam trend perkembangannya di tengah hempasan pandemi.

Pandemi memang telah menghantam berbagai sektor usaha di berbagai belahan negara. Uniknya, usaha kuliner yang turut menjadi korban ini ternyata mampu seketika bangkit dari keterpurukan dan kini kian tumbuh subur, tak terkecuali di kota-kota yang ada di Indonesia.

MENGAPA BISNIS KULINER BISA MELEJIT SETELAH PAILIT?

Banyak yang bertanya-tanya, mengapa bisnis kuliner yang hampir tumbang karena banyak yang pailit akibat terdampak pandemi Covid-19 kini bisa bangkit dan kian tumbuh subur. Mengutip informasi dari berbagai sumber, ternyata begini penjelasan dari para ahli:

Djoko Kurniawan, Konsultan Bisnis dan Waralaba DK Consulting, melihat prospek yang baik bagi waralaba kuliner yang terlihat dari tingginya tingkat keinginan investasi dari para calon pebisnis. Daya survive bisnis kuliner di tengah pandemi ini juga didukung dengan adanya sistem take away dan delivery.

Selain itu, ada juga Dorothy Creamer, Senior Research Analyst, Hospitality & Travel Digital Transformation from International Data Corporation (IDC) yang memaparkan bahwa adanya sistem ghost kitchen dengan manajemen yang baik mampu membuat bisnis kuliner cepat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

Di sisi lain, platform analisis usaha kuliner artificial intelegence di Amerika Serikat, melalui hasil surveinya didapati fakta bahwa adanya pandemi Covid-19 membuat 64% masyarakat memiliki ketertarikan pada makanan yang lebih sehat, sehingga usaha makanan dan minuman dengan versi ‘lebih sehat’ diprediksi akan semakin naik daun.

TIPS BUKA BISNIS KULINER LANGSUNG LARIS DAN UNTUNG

Setelah mengintip peluang usaha kuliner yang cukup menjanjikan ini, pasti Anda tergiur ya untuk mencobanya? Tapi, perlu dipahami bahwa menjalankan usaha makanan dan minuman bukanlah perkara gampang. Apalagi untuk makanan dan minuman yang tidak dapat bertahan lama. Jika tidak tahu ilmunya, bisa-bisa tidak untung, malah merugi.

Coba terapkan beberapa tips berikut agar usaha kuliner bisa cepat laris dan langsung mendulang untung.

  1. Lakukan Survey
    Usaha kuliner yang cukup menjanjikan berdampak pada ketatnya persaingan. Sebaiknya lakukan survey ke beberapa tempat kulier seperti restoran, cafe, food terrace, dan sebagainya, agar Anda memiliki wawasan luas dan dapat menciptakan menu beserta konsep usaha kuliner yang unik dan inovatif. Bisa menciptakan menu yang benar-benar baru, atau mencontoh menu yang sudah populer dengan menerapkan sistem ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Bagaimanapun juga usaha kuliner Anda harus memilki value tersendiri, yaitu sebuah ciri khas yang membuat customer mudah mengingatnya karena adanya kesan pengalaman rasa, pelayanan, maupun tempat yang menyenangkan. Perhatikan juga kualitas dan kuantitas menunya ya. Ketahui juga tentang kuliner apa yang dibutuhkan dan disukai masyarakat sesuai dengan kondisi saat ini, lalu tentukan target pasar Anda untuk bisa membuat menu dan harga yang sesuai.


  2. Buat Perencanaan
    Membuat perencanaan sebelum membangun usaha kuliner sangat penting dilakukan. Anda bisa memilih untuk membuat perencanaan dalam bentuk business model canvass yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan startup atau usaha yang baru dimulai karena terencana namun juga fleksibel. Dalam perencanaan tersebut jangan sampai terlewatkan adanya strategi marketing dan branding yang selalu di-update sesuai perkembangan pasar. Khususnya di masa pademi sebaiknya lebih digencarkan dari sisi digital marketing.

  3. Tentukan Lokasi
    Tidak sedikit pelaku usaha kuliner yang belum berhasil meraih omset dan proit yang diharapkan meski menunya memiliki rasa enak, higienis, dan harga pantas, bahkan sudah dibantu juga dengan adanya promo-promo. Nah, untuk mengantisipasi hal serupa, sebaiknya jangan remehkan pemilihan lokasi usaha kuliner Anda. Pilih lokasi yang strategis serta mudah diakses. Jika tertarik menggunakan marketplace sebaiknya maksimalkan dengan berjualan di semua platform yang ada. Ingat, baik tempat fisik maupun digital keduanya harus dilakukan update dan perawatan ya.

  4. Hitung Anggaran
    Membuka bisnis baru sudah pasti membutuhkan biaya. Baik tempat fisik maupun online shop sama-sama membutuhkan izin usaha yang memerlukan biaya. Masih ada juga biaya lain seperti mendirikan tempat fisik untuk dine-in, membuat website online shop, biaya promosi, gaji karyawan, pembelian bahan baku hingga bebagai peralatan penunjang usaha kuliner. Baik usaha kuliner dengan tempat fisik maupun yang dijual online sebaiknya pakai mesin kasir elektronik untuk membantu memperlancar setiap proses transaksi penjualan, apalagi jika jualan online dengan sistem cash on delvery (COD). Pilih mesin kasir elektronik dengan harga murah namun berkualitas seperti yang sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha kuliner lainnya, yakni Kanalogic KCR-181SW yang memiliki beragam fitur lengkap untuk membantu kelancaran transaksi penjualan serta membantu Anda agar dapat lebih berhemat.

Share this info