Mengenal Resolusi Kamera CCTV dan DVR

Apakah Anda pernah mendengar istilah resolution atau resolusi pada kamera CCTV? Jika iya, mungkin Anda akan membayangkan jumlah pixel pada suatu kamera. Namun, apa yang Anda bayangkan jika menemukan spesifikasi CCTV yang beresolusi dalam bentuk satuan TVL serta media perekam (DVR) menggunakan istilah QCIF, CIF, D1, 960H, 720P, 1080P, dan sebagainya? Mungkin Anda akan bertanya dalam hati "resolusi macam apa ini?". Inilah kendala yang terjadi pada sebagian besar calon customer. Mereka bingung dan kurang familiar dengan istilah resolusi yang berbeda-beda, baik pada CCTV maupun DVR.


Resolusi adalah kerapatan suatu gambar atau kualitas suatu gambar. Resolusi menyatakan kualitas suatu produk dalam menghasilkan gambar yang baik. Semakin tinggi resolusi, maka gambar yang dihasilkan akan semakin halus dan semakin bagus. Untuk kamera analog standar, resolusi diukur dengan garis TV atau yang disebut dengan TVL. Ada dua standar televisi yang digunakan, yaitu NTSC (National Television System Comittee) dan PAL (Phase Alternating Line). Di Amerika dan Jepang biasanya menggunakan standar NTSC, sedangkan di Eropa, Asia, dan Afrika mayoritas menggunakan standar PAL. TVL (Television Lines) merupakan kerapatan garis vertikal yang dihasilkan oleh sebuah CCTV dalam menampilkan gambar pada layar. Semakin besar nilai TVLnya, maka garis vertikal terlihat semakin sempit dan rapat. Ketika hasil video rekaman ditampilkan pada layar monitor yang besar, gambar tidak tampak seperti garis terpotong-potong. Umumnya, resolusi kamera CCTV ialah sebagai berikut:


  • Di bawah 350 atau 320-350 TVL = kamera dengan resolusi rendah
  • 350-420 atau 350-450 TVL = kamera dengan resolusi menengah
  • 450-520 atau 450-540 TVL = kamera dengan resolusi standar


Kamera analog bekerja menangkap gambar pada suatu ruangan. Setelah kamera menangkap gambar, kamera akan mengirim gambar tersebut ke DVR melalui kabel coaxial. Gambar akan diubah dari sinyal video analog menjadi format digital untuk disimpan pada hard drive. Hal inilah yang menyebabkan resolusi video hasil rekaman dari kamera analog mengikuti resolusi DVR atau resolusi digital. Sedangkan, resolusi asli atau resolusi analog (TVL) dari kamera CCTV ini dapat dilihat ketika kamera disambungkan langsung ke televisi atau analog monitor.


Video yang ditransmisikan berbentuk format digital memilik satuan standar digital seperti pada komputer, yaitu pixel. Ada 3 resolusi populer pada DVR, yaitu CIF, D1, dan 960H. Resolusi pada IP Camera dan NVR lebih tinggi lagi hingga 5 MP, sehingga gambar yang dihasilkan pun lebih tajam dan detail. IP Camera merupakan kamera CCTV digital yang tidak memerlukan proses konversi atau kompresi. Kamera digital CCTV menjalankan sinyal melalui kabel Cat 5 atau 6 yang memungkinkan untuk transfer data jauh lebih tinggi. Berikut ini resolusi format digital:


-        QCIF adalah ukuran paling kecil 176 x 120 pixel. Walaupun resolusinya kecil, QCIF masih banyak tertulis pada sebagian besar CCTV karena digunakan untuk tampilan video di perangkat mobile. Jika menggunakan format di atas QCIF tentunya akan menguras kuota internet, itulah alasan di balik mengapa resolusi QCIF masih digunakan.

-        CIF (Common Intermediate or Interchange Format) ialah resolusi yang berukuran 352 x 240 pixel.

-        D1 merupakan ukuran gambar dengan resolusi 704 x 480 pixel (di sistem layar NTSC) atau 720 x 576 pixel (pada sinyal PAL). Umumnya Indonesia menggunakan sinyal PAL)

-        960H memiliki resolusi berukuran 960 x 576 pixel (sinyal PAL) dan berukuran 960 x 480 pixel (pada sistem NTSC)

-        720P disebut juga setengah HD memiliki ukuran resolusi 1280 x 720 pixel atau setara 1 MP

-        960P atau QVGA memiliki ukuran resolusi 1280 x 960 pixel atau setara 1,3 MP

-        1080N memiliki ukuran resolusi 1080 x 960 pixel

-        1080P disebut juga full high definition (HD) memiliki ukuran resolusi 1920 x 1080 pixel atau setara dengan 2 MP


Demikian ulasan mengenai resolusi CCTV dan DVR sebagai pelengkap sistem keamanan aset Anda. KANA menawarkan CCTV dan DVR dengan harga yang sangat terjangkau dan dapat Anda lihat di sini. Segera kunjungi Promo Kami untuk mendapatkan penawaran menarik lainnya. Ikuti pula media sosial YouTube, Facebook, dan Twitter untuk dapatkan informasi lebih lengkap seputar berita dan produk terbaru kami.

Share this info