Pastikan 3 Hal Ini, Sebelum Toko Anda Kebobolan Saat Libur Akhir Tahun

 


Banyak pemilik toko, salah satunya toko retail kecil hingga menengah, kerap tidak peduli dengan keamanan toko saat ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama seperti libur akhir tahun saat ini.

Anda harus tau! Toko-toko yang tidak memiliki aktivitas dalam jangka waktu yang cukup lama alias libur, berisiko menjadi sasaran empuk para pencuri untuk melakukan aksinya. Misalkan aksi dalam pembobolan, perusakan rumah, dan pencurian.

Lalu, apakah Anda harus berkorban dengan tidak bepergian dan mengurungkan kesempatan menikmati libur akhir tahun? Tentu saja tidak bukan?

Anda cukup memperhatikan 3 hal ini, agar liburan berjalan dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan kondisi toko yang ditinggalkan:

  1. Pastikan semua akses sudah terkunci
    Hal yang wajib Anda pastikan sebelum meninggalkan toko dalam waktu lama adalah memastikan setiap akses aman. 
    Apa pun akses yang ada di toko Anda, baik pintu maupun jendela pastikan aman telah terkunci. Tidak hanya itu, pastikan juga pintu atau jendela Anda kuat dan bersih. Sehingga pencuri akan mengurungkan niatnya untuk melakukan pembobolan, karena menganggap akses tersebut sulit dibobol.

    Bayangkan jika akses Anda nampak kurang terawat dan rapuh atau bahkan usang, pasti para pencuri akan menargetkan toko Anda sebagai sasarannya.
    Mengapa demikian? Karena dianggap mudah untuk dirusak.

    Akan lebih baik lagi jika toko Anda sudah dilengkapi
    akses kontrol modern. Karena telah mendukung akses terbatas seperti menggunakan sidik jari, password, atau kartu. Menariknya, saat ini banyak penawaran akses kontrol dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih. 
    Dengan memasang kunci digital, Anda bisa menyulitkan pencuri yang ingin berniat jahat di toko Anda.

  2. Letakkan penghalang di sekitar jendela
    Penghalang apa yang bisa Anda ciptakan, tanpa harus mengurangi keindahan di lingkungan toko?
    Tanaman adalah pilihan yang paling tepat untuk mencegah pencuri melakukan aksinya.
    Mengapa?
    Tanaman yang memiliki ukuran cukup besar dan tinggi, bisa diletakkan di sekitar jendela. Hal ini bertujuan agar pencuri kesulitan dalam mengakses jendela karena adanya penghalang.

    Perlu diketahui, pencuri tidak akan melancarkan aksinya jika kondisi sekitar tidak mendukung. Karena pencuri pasti lebih memilih toko lain yang mudah dibobol, daripada bersusah payah melakukan aksi di tempat yang memiliki berbagai penghalang.

  3. Memasang alarm
    Banyak pemilik toko yang menganggap bahwa alarm hanya diperuntukkan perusahaan atau industri yang berskala besar. Nyatanya, setiap usaha pasti membutuhkan sistem keamanan yang mudah ditemui ini. Baik usaha dalam skala kecil, menengah maupun besar, keberadaan alarm akan sangat berperan penting dalam penjagaan saat bepergian dalam waktu lama.
    Mengapa? Karena saat ini, sudah banyak bermunculan smart alarm yang menawarkan berbagai fasilitas dengan harga terjangkau.

    Adanya alarm, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang  risiko yang mungkin terjadi. Misal, ada perangkat elektronik yang masih menyala, keran yang belum dimatikan, insiden kebakaran dan sebagainya. Kini Anda bisa mengontrol dan menerima informasi dengan mudah melalui ponsel. Sehingga jika ada suatu kejadian yang tak terduga, Anda akan mendapatkan informasi secara realtime, dan segera mengambil tindakan dengan cepat dan tepat

    Jadi tunggu apa lagi? Anda harus bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti smart alarm, yang kini semakin lengkap dengan banyak sensor untuk menjaga keamanan rumah. 


    3 Hal ini haruslah Anda terapkan agar liburan akhir tahun menjadi nyaman, dan kondisi toko Anda menjadi lebih aman. Dengan begini, tidak ada lagi kekhawatiran tentang toko saat liburan akhir tahun. 

Share this info