Perbedaan Fungsi Kamera CCTV dan DVR Yang Perlu Diketahui

Sekarang ini, kamera CCTV semakin marak digunakan di berbagai tempat. Mulai dari tempat-tempat yang memerlukan tingkat keamanan tinggi, seperti bank, kantor, bandara, hingga tempat-tempat yang memerlukan tingkat keamanan sedang, seperti rumah tinggal pribadi. Teknologi yang diusung oleh kamera CCTV ini pun bermacam-macam, mulai dari standar sampai dengan CCTV berteknologi tinggi. Salah satu teknologi CCTV yang sedang dicari masyarakat yaitu CCTV yang dapat diakses dan dipantau dari laptop, ponsel (smartphone), maupun tablet.


Sesuai dengan fungsi utamanya, CCTV digunakan untuk memantau dan merekam momen-momen atau kejadian penting seperti adanya tindakan kejahatan, dimana rekaman momen ini akan menjadi alat bukti yang kuat saat digunakan di suatu persidangan. Hal ini berarti, secara mutlak, Anda akan membutuhkan DVR (Digital Video Record) untuk menyimpan hasil rekaman kamera CCTV. CCTV akan bekerja sebagai penangkap/merekam kejadian, sedangkan DVR berperan sebagai penyimpan rekaman kejadian tersebut.


Pemasangan CCTV Tanpa DVR, Apa Dampaknya?

Terkadang, Anda dapat menjumpai konsumen yang memasang CCTV tanpa dilengkapi dengan perangkat DVR. Pemasangan CCTV ini bertujuan untuk memantau aktivitas ringan, seperti memantau karyawan yang sedang bekerja. Namun, hal ini sungguh disayangkan. Mengapa? Karena suatu peristiwa yang tak terduga setiap saat bisa saja terjadi, misalnya saja bila terjadi tindakan pencurian. Peristiwa tersebut hanya bisa dilihat -seketika- saat hal itu terjadi, tanpa bisa merekam atau menyimpan kejadian tersebut. Di sinilah letak fungsi DVR saat Anda memasang kamera CCTV.


DVR, perangkat berbentuk kotak kecil ini berfungsi untuk menyimpan rekaman kamera CCTV. 1 perangkat DVR mampu menampilkan berbagai hasil rekaman CCTV, mulai 4 channel, 8 channel, hingga 16 channel. Kapasitas perekamannya pun bermacam-macam, tergantung pada kapasitas hard disc yang terpasang, sistem, dan setting perekamannya. Misalnya, DVR akan menyimpan video CCTV saat CCTV tersebut merekam atau mendeteksi adanya pergerakan manusia, bukan pergerakan kucing, pohon, ataupun pergerakan benda yang disebabkan oleh tiupan angin. Tanpa alat perekam (DVR) ini, maka fungsi CCTV hanya sebatas memantau, namun tidak menyimpan hasil pemantauan atau rekaman kamera CCTV.

Selanjutnya, bagaimana cara memantau rekaman kamera CCTV dari ponsel atau smartphone? Anda dapat menyimak tips dan panduan selengkapnya di sini.

Share this info