Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Perekam CCTV (DVR)


DVR (digital video recorder) merupakan alat  perekam CCTV yang harus dibeli untuk melengkapi kinerja CCTV.  DVR atau perekam CCTV ini adalah jantung terpenting dalam pemasangan CCTV,  karena fungsinya sebagai penyimpan video yang telah terekam CCTV yang bisa diputar ulang.

Ada beragam jenis dan fitur DVR CCTV yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena itu, Anda harus bisa memilih DVR terbaik untuk optimalisasi fungsi dari CCTV Anda. Pastikan 4 hal berikut ini, bila Anda ingin mendapatkan DVR terbaik:


1. Pastikan mendukung jenis kamera CCTV Anda 
Berbagai DVR CCTV memiliki jenis kamera pendukung yang berbeda, baik berupa kamera analog, AHD, CVI, TVI, dan IP Camera. Oleh karena itu Anda harus memastikan terlebih dahulu jenis CCTV yang digunakan. Sehingga DVR dapat menyimpan video yang telah di proses di CCTV dengan hasil yang baik. 
Banyak pengguna yang teledor memilih DVR tanpa memperhatikan jenis kamera yang cocok digunakan pada DVR yang mereka pilih. Jangan ragu bertanya pada penyedia atau penjual, bila Anda kurang memahaminya.

2. Resolusi video tinggi 
Salah satu peran penting DVR adalah memutar ulang video yang telah disimpan. Bayangkan bila Anda harus memutar rekaman CCTV, namun gambar atau video yang tersaji memiliki resolusi rendah alias tidak jelas. Karena itu, pastikan DVR yang Anda pilih memiliki resolusi video yang tinggi agar video dapat dilihat dengan jelas. Apabila Anda menjumpai tulisan HD, berarti DVR mampu menerima video yang terekam. Setidaknya, DVR yang terpilih memiliki resolusi HD 1280 x 720, sedangkan D1 resolusi video hanya 704 x 408, CIF 352 x 240, dan QCIF 176 x 120. Pastikan untuk memilih DVR dengan resolusi tinggi untuk memudahkan dalam melihat ulang kejadian yang ada di video.

3. Kapasitas penyimpanan yang besar
Kapasitas DVR yang besar akan memungkinkan Anda merekam banyak video. Itu artinya, Anda dapat merekam banyak aktivitas dan mengumpulkan barang bukti rekaman video dengan lebih banyak. Kapasitas yang besar, juga mendukung DVR dengan resolusi tinggi. Dengan ini, hasil rekaman akan menjadi maksimal dan mudah dilihat ulang. Terlebih lagi jika pengaturan video yang tersimpan adalah resolusi HD, maka kapasitas yang diperlukan membutuhkan ruang yang lebih besar karena akan memakan lebih banyak kapasitas.

4. Pastikan mendukung layanan Cloud 
DVR yang terhubung dengan Cloud, akan memudahkan Anda untuk memantau rekaman CCTV melalui ponsel . Sehingga bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Tak hanya melalui ponsel saja, DVR yang terhubung dengan layanan Cloud  ini juga bisa Anda akses melalui laptop atau komputer.

Jadi, selain harus teliti memilih CCTV, Anda juga harus cerdas memilih DVR sebagai pelengkapnya. Karena bagaimanapun, CCTV akan bekerja optimal bila dilengkapi dengan DVR terbaik. 

Share this info