Perhatikan Fitur Ini Sebelum Membeli DVR

CCTV dan DVR merupakan perangkat dan pemain utama di dunia surveillance. CCTV bekerja sebagai pengambil gambar, sedangkan DVR (Digital Video Recorder) merupakan alat perekam video yang dikirim oleh kamera CCTV jenis analog. Seiring perkembangan zaman, DVR mampu merekam gambar digital dengan kualitas High Definition (HD). CCTV dan DVR merupakan dua perangkat terbaik yang mampu menjaga keamanan di lingkungan sekitar Anda, baik kantor, mall, bandara, halte, bahkan perumahan. Namun, sebelum memilih DVR yang cocok untuk kebutuhan Anda, ada baiknya Anda memahami beberapa fitur yang biasanya tertera di spesifikasi produk.


Pertama, Anda akan menjumpai tulisan HD input/HD camera/HD DVR yang berarti DVR tersebut mampu menerima dan merekam gambar dengan resolusi HD yaitu 1280 x 720 pixel yang bersumber dari kamera CCTV dengan teknologi AHD, HD-TVI, ataupun HD-CVI. Resolusi DVR biasanya dinyatakan dalam bentuk kode dan bukan berupa angka, seperti Full HD yang berarti resolusi 1920 x 1080 pixel, HD yang berarti resolusi 1280 x 720 pixel, D1 yang berarti resolusi 704 x 480 pixel, CIF yang berarti resolusi 352 x 240 pixel, dan QCIF yang berarti resolusi 176 x 120 pixel.


Selanjutnya, terdapat istilah H.264 atau MPEG-4 DVR. H.264 atau MPEG-4 merupakan video format kompresi tinggi dan mampu memberikan kualitas video yang bagus pada tingkat bit rendah, sehingga video berkualitas tinggi akan tetap memiliki ukuran file yang kecil. Namun, kini sudah ada DVR yang merekam dengan menggunakan teknologi H.264+ dan H.265 yang mampu memberikan encoding jauh lebih baik, transmisi data lebih efisien, dan ukuran file video yang lebih kecil, sehingga pengguna akan merasakan kehematan di sisi storage atau penyimpanan.


Selain itu, Anda akan menemui istilah CMS atau VMS. Setiap produk DVR saat ini telah dilengkapi aplikasi VMS (Video Management Software) atau CMS (Camera Management Software) yang dapat dijalankan di berbagai platform, mulai dari Android, Windows, Linux, Mac, dan browser. Aplikasi VMS/CMS ini biasanya diinstall di komputer atau smartphone menggunakan jaringan komputer berbasis IP (LAN/internet) untuk mengakses DVR.


Anda juga dapat memastikan apakah DVR tersebut support dengan teknologi cloud. Teknologi cloud ini akan memudahkan Anda dalam memantau rekaman CCTV melalui smartphone. Tidak hanya dapat dipantau di monitor, DVR dapat diakses melalui laptop dan smartphone dengan hanya menggunakan koneksi internet. Kini, berbagai aplikasi pemantau CCTV juga telah tersedia di layanan konten digital dan distribusi aplikasi, seperti Google Play dan App Store. Dengan begitu, Anda dapat melakukan pemantauan lebih mudah dan efektif selama 24 jam kapan saja dan di mana saja.


Demikian ulasan ringkas mengenai fitur yang perlu diperhatikan sebelum membeli DVR sebagai pelengkap sistem keamanan. KANA Secure hadir sebagai vendor sistem absensi dan CCTV terkemuka di Indonesia menawarkan produk CCTV dan DVR kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Segera hubungi kami sekarang juga dan nikmati kemudahan akses CCTV kapan saja dan di mana saja! Kunjungi juga laman PROMO dan NEWS untuk mendapatkan penawaran dan berita menarik lainnya.

Share this info