Perlukah UKM Pakai Mesin Absensi Sidik Jari?


UKM yang merupakan singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah merupakan salah satu penyusun sendi perekonomian masyarakat Indonesia. Mengutip dari laman wikipedia, UKM dapat didefinisikan sebagai istilah yang mengacu pada jenis usaha kecil yang berdiri sendiri dan memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Di Indonesia UKM juga bisa dianggap sebagai tulang punggung ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. Pelaku UKM paling banyak adalah para entrepreneur yang menjalankan usaha tersebut baik secara mandiri yaitu, meng-handle semua pekerjaan, maupun dengan melibatkan beberapa tenaga kerja di dalamnya. Umumnya UKM yang berkembang pesat di Indonesia merupakan UKM yang melibatkan tenaga kerja di dalamnya dalam jumlah yang kecil.

Seiring dengan terus meningkatnya teknologi dalam kehidupan, hal ini turut mempengaruhi perekonomian di tanah air tak terkecuali dalam bidang UKM. Di tahun 2019 ini pun pemanfaatan teknologi untuk bisnis khusunya bagi UKM menjadi sebuah keharusan yang membuat UKM bertransformasi menjadi bisnis kecil dan menengah yang berbasis teknologi. Pemanfaatan teknologi ini mencakup segala hal dalam UKM tersebut, mulai dari alat atau media hingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipekerjakan.

Salah satu alat hasil kemajuan teknologi yang mutlak digunakan oleh UKM adalah mesin absensi sidik jari. Hal ini tentu sangatlah penting mengingat UKM dengan skala usaha kecil dan menengah banyak yang membutuhkan pemanfaatan tenaga kerja untuk menunjang keberlangsungan usaha tersebut. Meskipun tenaga kerja atau karyawan yang dipekerjakan di sebuah UKM pada umumnya tidak banyak, namun keberadaan karyawan tetaplah harus diolah dengan baik dan profesional terkait hak dan kewajibannya. Mana yang akan Anda pilih, memiliki sedikit karyawan yang kerja 'ala kadarnya' ataukah sedikit karyawan yang profesional? Pilihan Anda terhadap karyawan ini turut mempengaruhi masa depan usaha Anda. Jika ingin UKM Anda maju pastikan Anda memperhatikan kedisiplinan karyawan meski secara kuantitas tidaklah banyak. Meski usaha yang Anda miliki berada pada level kecil dan atau menengah, maukah Anda membayar karyawan yang bekerja seenaknya dan tidak disiplin? Tentu tidak ya! Jika memiliki karyawan yang disiplin tentu dapat mempengaruhi usaha yang sedang dijalani, dan bukan tidak mungkin dengan bekerja bersama tenaga kerja yang disiplin bisa mengantarkan usaha kecil dan atau menengah Anda kian tumbuh menjadi besar dan maju.

Untuk mendukung kedisiplinan karyawan tersebut diperlukan alat dengan teknologi mutakhir seperti menggunakan mesin absensi sidik jari. Dengan menggunakan mesin absensi sidik jari, maka karyawan tidak akan dapat melakukan tindakan indisipliner seperti pulang cepat, bolos kerja, datang terlambat, atau bahkan istirahat lebih selama bekerja di tempat usaha Anda. Anda pun akan mendapatkan data kehadiran karyawan secara detail dan valid. Jika Anda bingung untuk memilih mesin absensi yang cocok bagi UKM Anda, pilih saja Kana SF-800+ yang merupakan mesin absensi sidik jari dan password dengan desain serta pengoperasian yang simple.

Beberapa keunggulan mesin absensi Kana SF-800+ ini sangat cocok untuk UKM, seperti:

  • Transfer data karyawan menggunakan flashdisk.
  • Mengatur jam kerja, jadwal kerja, dan laporan absensi dalam format excel langsung di mesin atau dari file excel.
  • memberlakukan jadwal kerja berpola, seperti harian, mingguan, atau satu bulanan.
  • Menangani perhitungan lembur.
  • menghitung gaji secara sederhana.
  • Memperoleh laporan absensi per periode lengkap dengan rekapitulasinya secara detil.
  • Tidak perlu belajar software absensi, cukup dengan excel saja.
  • Membatasi jumlah admin mesin yang dapat mengakses keseluruhan menu pada mesin absensi.

Untuk harga, jangan khawatir, mesin absensi Kana SF-800+ adalah mesin absensi andal dengan harga murah, pastinya sangat cocok dengan budget UKM Anda. Apalagi saat ini Kanasecure tengah menghadirkan program promo bertajuk Gebyar Promo April 2019 yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan mesin absensi Kana SF-800+ dengan penawaran harga fantastis. Sudah murah, masih dipotong lagi harganya!

Ayo, segera lengkapi UKM Anda dengan mesin absensi Kana SF-800+ untuk mendukung kedisiplinan karyawan serta kemudahan olah data kepegawaian usaha Anda, agar UKM Anda mampu berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri berbasiskan teknologi dan kearifan lokal sebagai perwujudan wajah UKM masa kini!

Share this info