Ruang Kerja Nyaman, Produktivitas Jalan

Kenyamanan adalah hal yang selalu diidam-idamkan oleh semua karyawan, termasuk Anda. Bila hal tersebut terpenuhi, maka karyawan akan bekerja dengan giat dan fokus. Ide cemerlang pun akan terlahir berkat lingkungan yang mendukung. 

Salah satu hal yang membuat ruang kerja nyaman adalah kondisi suhu ruangan. Suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin dapat menyebabkan menurunnya produktivitas kerja. Oleh karena itu, perhatikan hal-hal di bawah ini. 

1. Atur Sirkulasi Udara

Untuk membuat ruang kerja terasa nyaman dan segar, pengaturan sirkulasi udara perlu diperhatikan. Anda dapat memasang ventilasi di kedua sisi dinding yang berseberangan atau memasang dengan pola menyilang (satu ventilasi di bagian atas, satunya lagi di bagian bawah). Dengan cara tersebut, udara dapat langsung masuk dan keluar melalui lubang ventilasi lainnya. Ruang kerja pun jadi terasa segar dan menyehatkan. 

2. Gunakan AC dengan Tepat

Menurut buku berjudul “Dasar-Dasar Pengetahuan tentang Perkantoran” yang ditulis oleh Sedarmayanti, udara yang terlalu dingin atau panas akan mengganggu peredaran darah yang mengakibatkan terganggunya konsentrasi dan kerja otak manusia. Suhu udara yang cukup ideal untuk bekerja adalah 20°C hingga 25°C. 

Bagi Anda yang bekerja di ruangan ber-AC, maka aturlah suhu AC sesuai dengan kondisi di luar ruangan. Jika merasa terlalu panas maka turunkan suhu ke level lebih rendah hingga Anda merasa nyaman. Begitu juga sebaliknya, sesuaikan juga suhu AC dengan kondisi fisik Anda agar tidak terjadi gangguan kesehatan seperti hipotermia atau heat stroke

3. Hindari Radiasi Matahari

Radiasi matahari adalah penyebab utama tingginya suhu ruangan. Namun, hal itu dapat diatasi dengan meletakkan beberapa tanaman atau membuat teritis atap dengan ukuran yang cukup lebar sebagai benteng terhadap radiasi matahari. Atau bisa juga dengan memasang sun shading device pada sisi bangunan yang menghadap ke timur dan barat (arah matahari).


Sumber gambar : http://dedylondong.blogspot.co.id, http://mi-comm.com/

Share this info