Rutinitas Membuat Hidup Lebih Terkendali, Bagaimana Bisa Begitu?

Rutinitas adalah kegiatan yang dilakukan setiap hari dan diulang terus-menerus. Semua orang hidup dengan rutinitasnya masing-masing. Apa saja yang disebut rutinitas? Bangun pagi, mandi, sarapan, berangkat sekolah atau kerja, belajar, mengerjakan tugas, dan sebagainya. Meski terasa membosankan, pada kenyataannya hingga saat ini kita masih hidup dengan rutinitas. Rutinitas tidak seburuk yang kalian pikirkan tapi membawa banyak manfaat untuk kehidupan kita.

1.      Membentuk pola kehidupan

Tanpa kalian sadari rutinitas akan menjadi suatu pola kehidupan sehingga menjadi kebiasaan karena dilakukan berulang-ulang. Kebiasaan akan membantu dalam mengingat apa yang harus dilakukan selanjutnya, bagaimana cara melakukannya, apakah tugas ini dikerjakan sesuai target, dan memutuskan langkah apa yang harus dilaksanakan. Jadi, kalian bisa lebih efisien dalam bekerja.

2.      Pola kerja yang terstruktur

Yang membuat kita bekerja dengan lancar adalah jadwal. Karena dengan jadwal, kita bisa mengetahui kegiatan dan tugas apa saja yang harus diselesaikan hari ini, besok, besok lusa dan seterusnya. Jadi, kita tidak perlu buang waktu karena bingung mau mengerjakan apalagi setelah tugas satunya telah selesai dikerjakan. Selain itu, kita bisa lebih disiplin dalam bekerja dan memanajemen waktu agar bisa bekerja optimal.

3.      Jadi lebih peka terhadap perubahan

Dengan menjalani rutinitas, kita bisa lebih peka bila ada perubahan sekecil apapun sehingga lebih mudah mengevaluasi diri sendiri. Misalnya, biasanya tugas input data ke komputer dari jam 8 bisa selesai 30 menit. Tapi, entah kenapa hari ini tugas itu bisa selesai jam 9 tepat. Berarti ada yang tidak beres dan kita harus evaluasi kegiatan sepele apa saja yang bisa menghambat produktivitas kerja. Dari hal inilah, kita bisa mengambil keputusan dan tindakan yang tepat dalam meningkatkan kinerja.

4.      Bisa memprediksi masa depan

Karena sudah terbiasa menjalankan rutinitas setiap hari, maka kita dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, kalau terbiasa berangkat kerja jam 7 dan sampai di kantor jam 8, maka kalian dapat memprediksi kapan bisa sampai di kantor kalau berangkat jam setengah 8. Kemudian, misalnya proses pengerjaan tugas utama biasanya bisa selesai dalam 30 menit tapi karena ada tugas tambahan Anda bisa memperkirakan waktu kapan kedua tugas tersebut bisa selesai.

5.      Membuat hidup lebih terkendali

Rutinitas membuat hidup lebih terkendali dan lebih menyehatkan. Seperti yang disebutkan di atas, rutinitas berkaitan erat dengan jadwal. Jadi, kita dapat mengetahui kapan waktunya harus bangun pagi, sarapan, berangkat sekolah atau kerja, dan kapan harus mengistirahatkan diri dengan tidur yang cukup.

Rutinitas ibarat poros kehidupan, jika tidak ada rutinitas maka hidup tidak akan terarah alias tanpa tujuan yang jelas. Jadi, jangan benci rutinitas yang kalian punya saat ini. Jika masih terasa membosankan, gantilah rutinitas dengan kegiatan yang lebih bermanfaat

Share this info