Sama-Sama Perekam CCTV, Inilah Perbedaan NVR dan DVR (XVR)


Closed-Circuit Television (CCTV) adalah teknologi keamanan yang tepat untuk memaksimalkan sistem keamanan rumah atau kantor Anda. Namun, Anda harus mengetahui komponen dari CCTV ini agar bisa digunakan dengan maksimal. Setelah memilih CCTV, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih perekam CCTV yang paling tepat.

Perhatikan baik-baik dua komponen ini, CCTV dan Perekam CCTV ini memiliki fungsi yang berbeda. Namun, dua komponen ini harus digunakan untuk memaksimalkan fungsi CCTV yang Anda pasang.

Sebelumnya, Kanasecure pernah membahas tentang tips memilih CCTV & DVR, kali ini Kanasecure akan mengulas tentang perbedaan NVR dan DVR (XVR) pada CCTV.

NVR dan DVR (XVR) pada CCTV Sama-Sama Berfungsi Sebagai Perekam Video

  • Network Video Recorder (NVR) adalah perangkat yang berfungsi merekam video dalam format digital ke flash drive USB, disk drive, kartu memori SD atau perangkat penyimpanan lainnya. NVR ¬†sendiri berjalan di perangkat khusus dengan sistem operasi yang menggunakan internet atau jaringan LAN.
  • Digital Video Recorder (DVR/XVR) adalah perangkat yang berfungsi merekam video menjadi format digital ke flash drive USB, media DVD, kartu memori SD, SSD atau perangkat penyimpanan lain baik lokal atau jaringan lainnya. Digital Video Recorder mampu memantau secara real time sepanjang waktu (bergantung dengan kapasitas memori/penyimpanan). Perangkat DVR ini terhubung dengan CCTV menggunakan kabel.

Jadi, bila Anda membeli CCTV dan pihak produsen/distributor menawarkan perekam CCTV, maka Anda akan mendengar istilah NVR dan DVR (XVR) ini. Pastikan Anda memilih perekam CCTV terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimanapun, 2 jenis perekam CCTV ini memiliki kelebihan masing-masing.

Lantas, apa perbedaan NVR dan DVR (XVR) ini?

Perbedaan NVR dengan DVR (XVR) pada CCTV

Sama-sama berfungsi sebagai perangkat atau perekam CCTV, faktanya NVR dan DVR (XVR) memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Ada 3 hal yang membedakan NVR dan DVR (XVR) pada CCTV ini, diantaranya:

  1. Berdasar Jenis CCTV yang Terhubung
    NVR
    Network Video Recorder (NVR) dihubungkan dengan IP camera dengan berbagai resolusi. Dengan terhubungnya NVR dengan IP camera, maka proses perekaman gambar melalui IP camera dilakukan dengan mengandalkan koneksi internet untuk mengirim video tangkapannya. Dengan demikian, bila Anda memilih NVR maka perangkat CCTV yang paling tepat digunakan adalah "Internet Protocol camera" (IP camera) ini.

    DVR (XVR)
    Digital Video Recorder (DVR/XVR) mampu terhubung dengan berbagai jenis kamera CCTV. DVR (XVR) ini menghasilkan kapasitas video yang lebih besar, yakni hingga 5 MP. Bila Anda memilih jenis perekam video CCTV DVR (XVR) ini, maka pilihan jenis kamera CCTV yang digunakan juga banyak dan beragam.

  1. Berdasar Jumlah CCTV yang terhubung
    NVR
    Network Video Recorder (NVR) mampu terhubung dengan banyak kamera CCTV sekaligus. Dengan 1 NVR yang Anda miliki berbagai IP Camera di dalam ruangan yang berbeda dapat terhubung sekaligus. Hal ini bisa dilakukan, apabila IP Camera telah terpasang pada jaringan HUB/Switch. Hal ini akan menjadi lebih efektif dalam hal pengadaan NVR dan secara fungsional menjadi lebih efektif.

    DVR (XVR)Digital Video Recorder (DVR/XVR) sendiri merupakan perangkat perekam video yang tidak dapat dihubungkan dengan banyak kamera sekaligus. Hal ini dikarenakan konfigurasi yang sulit antara DVR dengan berbagai kamera CCTV sekaligus. Idealnya, 1 DVR (XVR) digunakan untuk 1 kamera CCTV.

  1. Berdasarkan Sambungan koneksi
    NVR
    Network Video Recorder (NVR) memberikan kemudahan soal akses atau koneksi. Sebab, NVR sendiri menggunakan internet atau LAN yang terpusat sebagai koneksinya. Dengan demikian, Anda tidak perlu memasang kabel untuk menghubungkan perangkat perekam video NVR dengan kamera CCTV.

    DVR (XVR)
    Digital Video Recorder (DVR/XVR) DVR sendiri melakukan monitoring kamera CCTV dan memantau secara realtime melalui monitor dengan kabel yang telah terhubung ke kamera CCTV.

Itulah perbedaan NVR dan DVR (XVR) berdasar 3 hal. Anda dapat menentukan NVR dan DVR (XVR) terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, Kanasecure memiliki berbagai jenis perekam CCTV yang bisa Anda pilih. Berbagai jenis dengan kapasitas yang berbeda-beda ini, akan membantu Anda menyesuaikan budget dan juga pilihan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan ragu untuk melakukan konsultasi dan bertanya kepada tim kami di lapangan atau melalui Customer Service Online (CSO) Kanasecure yang dapat Anda hubungi via chat di website ini.

Share this info