Segarkan Karyawan Kembali dengan Olahraga Ringan Ini

Anda merupakan salah satu karyawan yang sibuk dengan berbagai pekerjaan di kantor? Sulit untuk meluangkan waktu olahraga di sela pekerjaan kantor yang menumpuk? Karyawan biasanya menghabiskan sepertiga dari 24 jam waktunya untuk bekerja di kantor. Pekerjaan yang menumpuk dan adanya deadline memicu karyawan untuk terus bekerja tanpa memperhatikan rasa lelahnya. Jika rasa lelah ini tidak segera diatasi, maka konsentrasi kerja akan menurun dan berdampak pada penurunan kualitas kerja. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda tetap bisa menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh Anda selama di kantor. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap segar saat bekerja di kantor.

1. Jalan kaki

Jika jarak rumah ke kantor Anda lumayan cukup dekat maka sebaiknya Anda berjalan kaki untuk mencapai kantor. Biasakanlah untuk meningkatkan aktivitas tubuh Anda melalui kegiatan yang sederhana seperti berjalan kaki. Jalan kaki dapat mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan kadar kolesterol baik, serta meningkatkan sirkulasi darah. Apabila jarak rumah ke kantor Anda cukup jauh, maka Anda dapat menggunakan angkutan umum sebagai alat transportasi Anda. Namun, bila memang keadaan memaksakan Anda untuk menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi, maka lebih baik parkirkan kendaraan Anda di tempat yang sedikit jauh dari kantor agar Anda dapat membiasakan diri untuk berjalan kaki.

2. Bersepeda

Selain berjalan kaki, menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi cukup efektif untuk menjadi solusi bagi Anda yang sibuk di kantor namun ingin meluangkan waktu untuk berolahraga. Bersepeda menuju ke kantor memberikan efek positif yang besar. Bersepeda dapat membakar kalori, menjaga kesehatan kardiovaskuler, menguatkan sendi dan otot. Tidak hanya itu, bersepeda juga mengurangi polusi udara yang dapat menjadi pencetus dari terbentuknya radikal bebas.

3. Pilih tangga daripada lift

Pemilihan tangga bertujuan untuk meningkatkan aktivitas tubuh Anda. Semakin sering Anda menggerakkan tubuh, maka semakin fresh kembali tubuh Anda. Luangkan waktu 30 menit untuk beraktivitas fisik ringan di kantor seperti naik turun tangga sehingga Anda akan terbebas dari penyakit jantung, memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan konsentrasi, menjaga keseimbangan tubuh, dan merilekskan otot.

4. Peregangan dan olahraga ringan

Melakukan peregangan dapat membebaskan Anda dari rasa lelah dan ketegangan otot. Lakukan peregangan otot seperti gerakan menarik tangan ke atas, putarkan badan ke samping kiri dan kanan, serta lakukan jalan di tempat untuk mengurangi rasa pegal di otot pinggul. Olahraga ringan yang dapat dilakukan untuk karyawan dengan berbagai kesibukkan di kantor adalah lompat tali atau skipping. Luangkan waktu Anda minimal 1 jam di pagi hari untuk melakukan lompat tali. Selain murah dan menyenangkan, dengan skipping dalam 10 menit saja Anda telah membakar kalori sebanyak 100 kkal.

Manfaatkan waktu luang Anda untuk menjaga kebugaran tubuh, selain untuk meningkatkan performa kinerja, juga untuk menghindarkan diri dari kejenuhan setelah melakukan berbagai pekerjaan di kantor. Ajaklah rekan kerja atau keluarga untuk memotivasi Anda dalam melakukan olahraga ringan.

Share this info