Sering Pindah Kerja? Ini 5 Keuntungan Menjadi Kutu Loncat

Pernah mendengar istilah kutu loncat? Kutu loncat yang akan dibahas di sini bukanlah binatang kecil atau hama berwarna oranye kehijau-hijauan yang hidup dengan cara mengisap cairan tanaman yang masih muda. Istilah kutu loncat di sini adalah seseorang yang tidak bisa diam lama di satu tempat kerja demi mengejar karier impian.


Orang yang memiliki sifat seperti si kutu loncat ini bukanlah orang yang tidak setia dan tidak mempunyai nilai positif. Banyak di antara mereka yang memang berambisi untuk meningkatkan karier dan gaji ke level yang lebih tinggi. Berikut 5 keuntungan bila Anda gemar berpindah tempat kerja.


1. Peluang gaji dan posisi yang lebih baik

Salah satu tujuan kita bekerja ialah untuk mendapatkan uang. Pasti banyak dari kita yang sering berpindah tempat kerja demi mendapatkan penawaran yang lebih baik. Tentu Anda akan segera mengirimkan lamaran saat menjumpai tawaran posisi dengan gaji yang lebih tinggi. Kesempatan gaji dan posisi yang lebih baik memang cenderung lebih sulit diperoleh di tempat kerja yang sudah dilakoni. Jadi, bukanlah hal yang aneh bila Anda mengejar karier di tempat lain demi memperoleh pendapatan dan posisi yang lebih baik.


2. Banyak pengalaman

Sering pindah tempat kerja dapat memberikan pengalaman kerja yang lebih banyak pula. Apalagi jika berpindahnya tidak terbatas di satu bidang atau satu industri saja. Setiap industri pasti memiliki tantangan sendiri. Inilah yang memperkaya dan memperluas pengalaman kerja Anda. Pengalaman yang didapat bisa dimanfaatkan di tempat kerja yang baru dan bisa menjadi nilai plus untuk portofolio atau CV kerja.


3. Bekerja sesuai minat

Si kutu loncat biasanya tidak mudah puas dan merasa harus mengaktualisasikan diri sesuai dengan minatnya. Wajar saja bila mereka akan terus mencari kesempatan bekerja sesuai dengan minat. Orang yang bekerja sesuai dengan minat cenderung lebih berkembang, baik secara pribadi maupun profesional. Mereka bekerja dengan sepenuh hati, bukan bekerja karena demi uang dan memenuhi kebutuhan hidup.


4. Networking lebih luas

Kesempatan menjalin relasi lebih luas merupakan salah satu keuntungan yang diperoleh si kutu loncat. Dengan berpindah kerja, mereka mempunyai kesempatan untuk mengenal banyak orang dibanding mereka yang loyal bertahan di satu perusahaan dalam waktu yang lama. Networking yang luas sudah pasti menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan karier.


5. Lebih mudah beradaptasi

Tentunya, Anda sering merasa tidak mudah beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. Kita akan merasa sendiri bahkan terasingkan. Namun, si kutu loncat yang sudah terbiasa berpindah perusahaan mampu beradaptasi di lingkungan baru lebih cepat. Cara mereka berinteraksi dengan orang-orang baru dinilai lebih luwes. Bagi si kutu loncat, lingkungan kerja yang baru bukanlah hal yang harus ditakuti, melainkan harus ditaklukkan. Bertemu, mengenal, dan sempat bekerja dengan banyak orang membuat kutu loncat semakin lihai menyesuaikan tipe-tipe orang yang berbeda.


Apakah Anda masih berpikir bahwa orang yang sering berpindah tempat kerja itu selalu negatif? Selama alasannya demi pencapaian dan pengembangan diri yang lebih baik, tentu hal ini harusnya kita sikapi dengan dukungan positif. Jangan takut dengan tantangan dan perubahan dunia kerja. Selama kita melakukan semua pekerjaan dengan sepenuh hati, komitmen, dan tanggung jawab, maka dijamin karier Anda akan mampu berkembang pesat. Selamat mencoba!

Sumber gambar : http://www.humanresourcesonline.net

Share this info